Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

2 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia, Siapa Saja?

Jakarta, CNBC Indonesia – Proses naturalisasi pemain timnas (Timnas) Indonesia semakin banyak dilakukan PSSI pada masa pelatih Shin Tae-yong. Kini muncul lagi nama baru yang dinaturalisasi.

Dikutip dari laman resmi PSSI, kiper Belanda Maarten Paes akan menjadi pemain naturalisasi terbaru timnas Indonesia yang akan diselidiki. Para pemain FC Dallas bahkan sudah mendapat persetujuan Komisi III DPR untuk berganti kewarganegaraan menjadi WNI.

Namun, pemain asal Maluku berusia 25 tahun itu masih belum bisa menyatakan kesetiaannya sebagai warga negara Indonesia karena terganjal aturan FIFA soal transfer asosiasi.

Maarten Paes tercatat bermain untuk timnas Belanda U-21 saat berusia 22 tahun, meski aturan mengharuskan pemain ketiga yang berusia di bawah 21 tahun bisa bermain untuk timnas.

Lalu pemain lain yang dikabarkan menjadi pemain naturalisasi terbaru skuad Garuda adalah Calvin Verdonk. Pemain asal Meulaboh, Aceh itu mengaku dalam proses naturalisasi. Hal itu disampaikannya dalam wawancara di channel YouTube Yussa Nugraha.

Jujur saja, kami sedang dalam proses (naturalisasi). Jadi sekarang kita tunggu prosesnya bagaimana, kata Verdonk, dikutip Senin (29/4/2024).

“Kalau semua prosesnya sudah selesai, kita lihat nanti saya bisa bermain di timnas Indonesia, tapi sekarang sedang kami upayakan,” kata pemain NEC Nijmegen itu.

Soal naturalisasi Verdonk, Shin Tae-yong menyebut pemain berusia 27 tahun itu berpotensi membela timnas Indonesia sekitar dua bulan.

“Calvin [Verdonk] memang sedang berusaha untuk naturalisasi. Mungkin Juni ini harus dilakukan secepatnya. Saya juga sudah melihat performanya dan itu sangat bagus sehingga sangat membantu timnas Indonesia,” kata STY, dikutip dari CNN Indonesia. .

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan, proses naturalisasi pemain tidak dilakukan secara “membabi buta”.

“Saya belum bicara soal penambahan [pemain naturalisasi dengan Shin Tae-yong] karena saat ini kami masih fokus pada proses naturalisasi,” kata Erick. Tonton video di bawah ini: Video: Shin Tae-Yong setuju perpanjangan kontrak hingga 2027 (rns/rns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *