Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

7 Cara Atasi Batuk Berdahak Secara Alami, Apa Saja?

Jakarta, CNBC Indonesia – Kelihatannya penyakitnya ringan, tapi batuk rejan termasuk ISPA; Alergi Asma Seringkali menandakan masalah kesehatan tertentu hingga kanker paru-paru.

Jenis serangan batuk yang umum terjadi adalah batuk berdahak. Batuk jenis ini biasanya terjadi saat musim hujan dan membuat seseorang rentan terserang pilek atau flu.

Ada banyak cara alami mengobati batuk secara alami. Medical News Today melaporkan, berikut bahan alami untuk mengatasi batuk.

1. Kunyit Kunyit merupakan rempah yang sangat bermanfaat. Dikenal karena sifat anti inflamasinya, kurkumin dalam kunyit membantu membersihkan lendir dari paru-paru.

Giling bubuk kunyit dan campurkan ke dalam segelas susu hangat. Anda bisa menambahkan sedikit garam pada susu jika diminum dua kali sehari untuk meredakan batuk.

2. Pelembab Udara Faktor lingkungan juga menjadi penyebab terjadinya batuk. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menghirup udara kering di malam hari, karena tenggorokan kering lebih menyakitkan.

Menggunakan pelembab udara di sekitar Anda, seperti di kamar tidur atau ruang tamu, dapat membantu mengencerkan dahak dan membersihkannya dari paru-paru dengan lebih mudah.

3. Berkumur dengan air garam meredakan batuk. Air garam menenangkan tenggorokan yang gatal dan menghilangkan sisa dahak.

Tambahkan sesendok garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Eucalyptus Eucalyptus dapat digunakan untuk meredakan batuk dan mengurangi dahak pada paru-paru. Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa tetes kayu putih dan mengoleskannya dengan lembut pada dada Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan beberapa tetes kayu putih ke dalam diffuser.

5. Saat batuk sebaiknya mandi dengan air hangat, karena akan mengencerkan lendir di hidung dan tenggorokan, dan Anda bisa menghabiskan waktu di bak mandi. Tetap hangat di ruang uap dapat membantu meredakan nyeri sinus.

6. Batuk sepanjang hari bisa membuat tenggorokan kering, jadi penting untuk tetap terhidrasi. Perbanyak minum air putih atau minum air hangat dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan.

7. Ambil daun lada, cabai mengandung mentol yang mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun lada dan menghirup uapnya secara perlahan di dekat hidung. Simak videonya di bawah ini: Video: HI-Drone Drag Race 2 Jadi Ajang Bertemu Para Penggemar Sepeda Motor (miq/miq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *