Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

A Sampai Z, Begini Rangkaian World Water Forum ke-10 di Bali

Jakarta, CNBC Indonesia – Air merupakan kebutuhan pokok kehidupan manusia. Akses terhadap air baik kuantitas, kualitas dan kontinuitasnya merupakan hak masyarakat.

Namun tidak semua warga dunia, termasuk Indonesia, bisa menikmati air yang sehat, aman, dan memadai. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa masih ada sekitar 2,2 miliar orang di dunia yang tidak memiliki akses terhadap air yang cukup dan aman.

Untuk itu, pemerintah terus berupaya menjaga ketahanan air sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air. Dimana negara menjamin hak masyarakat atas air, untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari untuk hidup sehat dan bersih dalam jumlah yang cukup, kualitas yang baik, aman, berkelanjutan dan terjangkau.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan World Water Forum ke-10 di Bali, pada 18-25 Mei 2024 dengan mengusung tema “Air untuk Kemakmuran Bersama”.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi internasional untuk menemukan cara mengatasi tantangan air dan sanitasi.

Selain itu, ada juga beberapa tujuan sekunder yang ingin dicapai di setiap turnamen. Yang pertama adalah meningkatkan nilai strategis air dengan membangun komitmen politik untuk memperkuat tata kelola air dan sanitasi (SDG 6).

Kedua, meningkatkan kesadaran akan air sebagai masalah penting secara global. Kemudian acara ketiga dengan banyak pemangku kepentingan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman serta mengembangkan pengetahuan dan praktik baik dalam pengelolaan air dan sanitasi.

Sistem pertemuan Forum Air Dunia dibagi menjadi tiga proses yang saling berhubungan, yaitu. proses politik, proses tematik, dan proses regional. Ketiga proses tersebut melibatkan berbagai aktor, mulai dari kepala negara, menteri, pemimpin daerah, akademisi, peneliti, hingga generasi muda, yang saling bertukar pikiran.

Proses politik kemudian dibagi menjadi lima bagian, yaitu kepala negara/pemerintahan, menteri, parlemen, kotamadya, dan daerah aliran sungai. Keseluruhan proses pada fase ini akan menghasilkan pernyataan menteri yang mencerminkan masukan substantif dari proses tematik dan proses regional.

Untuk pertemuan ini terdapat 230 pertemuan tematik, 55 side event dan 10 pertemuan khusus. Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengundang 44 kepala negara, 4 pimpinan organisasi internasional, dan 198 menteri atau pejabat setingkat menteri yang bertanggung jawab di bidang sumber daya air.

Rangkaian acara akan dibuka dengan upacara penjernihan air Bali yang merupakan ritual adat khas Bali dengan konsep kegiatan Rahina Tumpek Uye dan upacara Segara Kerthi.

Kemudian pada tanggal 20 Mei 2024 akan dilanjutkan dengan upacara pembukaan dan pertemuan tingkat tinggi di BICC, Nusa Dua. Lalu ada pertemuan kontak dengan mereka yang bertanggung jawab atas proses politik, tematik dan regional, serta pertemuan bilateral dengan berbagai kepala negara.

Pada hari yang sama, pembukaan pameran akan dilaksanakan di Aula BNDCC Nusa Dua. Tempat pameran dan pameran tersebar di BNDCC, BICC dan Pantai Kuta. Rapat politik, tematik, dan proses kewilayahan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 25 Mei 2024. Sedangkan pada tanggal 20 hingga 21 Mei 2024 dilaksanakan rapat seremonial dan rapat tingkat menteri.

Berikutnya adalah acara Malam Budaya (Perpisahan) di Taman Bhagawan pada tanggal 24 Mei 2024. Pengunjung dapat menikmati makanan khas, tarian daerah, dan budaya Indonesia.

Sedangkan penutupan acara akan berlangsung pada tanggal 25 Mei 2024. Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan World Water Forum, para peserta juga akan diajak bertamasya menikmati keindahan Bali seperti Tabanan Water Museum, Jatiluwih UNESCO World Situs Warisan Budaya, Danau Batur Kintamani dan Desa Budaya Ubud. Simak video di bawah ini: Video: Jelang The Fed FOMC, IHSG menguat lebih dari 1% (dpu/dpu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *