Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Aplikasi Pembunuh Google Resmi Meluncur, Ini Kecanggihan GPT-4o

Jakarta, CNBC Indonesia – Setelah banyak berdiskusi mengenai pengembangan software alternatif untuk Google, OpenAI akhirnya resmi meluncurkan ‘GPT-4o’. Huruf “O” adalah singkatan dari “omni”, yang mengacu pada kemampuan membuat model dalam format teks, audio, dan video.

Prototipe AI yang berharga ini akan tersedia untuk pengembang OpenAI dan produk konsumen dalam beberapa minggu mendatang.

CTO OpenAI Mira Murati menjelaskan bahwa GPT-4o merupakan perangkat tercanggih yang meningkatkan kemampuan GPT-4 di berbagai media.

TechCrunch mengatakan pada Selasa (14/5/2024) “GPT-4o dapat beroperasi melalui suara, teks, dan gambar. Ini adalah alat yang sangat penting karena kita akan melihat interaksi antara manusia dan mesin di masa depan,” kata TechCrunch, Selasa. (14/05/2024). .

Sekadar informasi, GPT-4 Turbo, yang sebelumnya merupakan layanan OpenAI tercanggih, dilatih untuk menganalisis kombinasi teks dan gambar. GPT-4o adalah level lanjutan yang meningkatkan aspek audio.

Lalu apa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari?

GPT-4o meningkatkan kemampuan yang sebelumnya tersedia di layanan ChatGPT populer. Rupanya selama ini ChatGPT telah menyediakan mode suara untuk menyalin respon chatbot dengan metode text-to-speech.

Namun, GPT-4o meningkatkan kemampuannya sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan ChatGPT sebagai mitra percakapan atau asisten.

Misalnya, pengguna mungkin mengajukan pertanyaan ChatGPT tentang cara kerja GPT-4o. Pengguna kemudian dapat menjeda bahkan saat ChatGPT merespons.

Artinya, GPT-4o memberikan respons yang lebih “real-time”, sehingga lebih seperti teman ngobrol. Bahkan, OpenAI mengklaim GPT-4o mampu membaca suara pengguna berdasarkan emosi, bahkan dalam bentuk lagu.

GPT-4o juga dapat meningkatkan kemampuan visual ChatGPT baik pada foto maupun layar komputer. ChatGPT kini dapat dengan cepat menjawab pertanyaan tentang berbagai topik. ‘Apa fungsi kode program ini?’ ‘Merek apa yang dipakai orang ini?’

Fitur-fitur ini akan berkembang di masa depan, kata Murati. GPT-4o, misalnya, kini dapat menampilkan gambar dalam menu multibahasa dan menerjemahkannya untuk pengguna.

Nantinya, model ChatGPT akan dapat menonton pertandingan olahraga dan menjelaskan peraturannya kepada pengguna.

Kami tahu ke depan model-model ini akan lebih kompleks. Kami ingin memberikan pengalaman interaktif yang lebih natural kepada pengguna. Jadi masyarakat harus fokus berkolaborasi dengan ChatGPT, jelasnya.

GPT-4o juga tersedia dalam berbagai bahasa. OpenAI mengklaim GPT-4o dapat digunakan di lebih dari 50 bahasa di seluruh dunia.

Voice saat ini bukan bagian dari API GPT-4o untuk semua pengguna. Karena perusahaan khawatir dengan risiko penyalahgunaan.

OpenAI mengatakan dukungan suara akan diuji pada mitra tepercaya dalam beberapa minggu mendatang.

Namun, versi gratis GPT-4o dengan kemampuan terbatas saat ini tersedia di ChatGPT.

Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan GPT-4o, rasanya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa nasib Google akan terancam di masa depan. Tentu hal tersebut tidak mungkin terjadi jika Google bergerak cepat dalam memperkenalkan produk serupa atau lebih inovatif. Tonton video di bawah ini: Sebagai pasar yang besar, RI diincar oleh produsen perangkat telekomunikasi dunia (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *