Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Awas Korea Perang, Korsel Tembak Peringatan ke Korut

Jakarta, CNBC Indonesia – Militer Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan ke Korea Utara. Tentara Kim Jong Un dikabarkan melintasi perbatasan Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara.

Newsweek dan Al Jazeera melaporkan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 12.30 waktu setempat pada hari Minggu. Kantor Berita Yonhap juga memberitakan kabar tersebut dengan mengutip pernyataan Kepala Staf Gabungan (JCS).

“Tentara Korea Selatan menyiarkan peringatan dan melepaskan tembakan ke udara, dan tentara Korea Utara kembali ke sisi perbatasan yang dijaga ketat,” Kepala Staf Gabungan mengutip ucapan Kepala Staf Gabungan pada Selasa (11/06/2024).

Insiden tersebut terjadi ketika ketegangan kedua Korea meningkat setelah Korea Utara meluncurkan lebih dari 1.000 balon berisi sampah, termasuk kotoran, menuju perbatasan Korea Selatan. Seoul mengatakan Pyongyang melanjutkan siaran propaganda yang dihentikannya pada tahun 2018.

Korea Utara dan Korea Selatan secara teknis adalah musuh dan masih berada dalam keadaan perang. Kedua negara telah terlibat perang saudara sejak tahun 1950.

Perang tidak pernah benar-benar berakhir dengan perjanjian damai. Kedua negara baru mencapai kesepakatan gencatan senjata pada tahun 1953.

Menurut History Extra, perang dimulai pada 25 Juni 1950 dan berakhir dengan gencatan senjata pada 27 Juli 1953.

Yakni sudah pada tahun 2018 lalu, kedua pihak mencapai kesepakatan. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan saat itu Moon Jae-in mengadakan pertemuan puncak antara Korea Selatan dan Korea Utara di “Rumah Perdamaian” di Panmunjeom.

Namun, sejak Juni 2020, ketegangan kembali muncul. Adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, telah mengeluarkan ancaman terhadap Korea Selatan, termasuk memutuskan hubungan antara Korea Utara dan Selatan.

Sejak itu, Korea Utara aktif melakukan uji coba senjata di Laut Jepang. Pada saat yang sama, Korea Selatan juga aktif melakukan latihan militer dengan Amerika Serikat. Tonton video di bawah ini: Video: Rudal balistik Korea Utara mendarat di perairan Jepang antara Tokyo dan Seoul (aman/aman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *