Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Bacaan Niat Sholat Jumat Makmum dan Imam

JAKARTA, CNBC Indonesia – Umat Islam terikat dengan kewajiban khusus untuk menunaikan shalat Jumat setiap minggunya. Namun apa yang harus menjadi niat shalat Jumat bagi jamaah dan itu?

Sebelum kita membahas niat salat Jumat secara detail, ada baiknya kita memahami kata-kata dan syarat-syarat menunaikan salat Jumat. Sholat Jumat merupakan ibadah wajib bagi setiap laki-laki muslim yang telah baligh.

Perintah menunaikan shalat Jumat tertuang dalam firman beliau, surat Al Jumu’ah ayat.

Hadiah

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikumandangkan azan Jum’at, segeralah berdzikir kepada Allah dan menahan diri dari jual beli. Itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Oleh karena itu, kewajiban tersebut harus dilengkapi dengan tata cara yang benar, seperti niat membaca shalat Jumat bagi imam dan jamaah yang benar. Inilah pertanyaannya: Niat Sholat Jumat Makmum dan Imam Sholat Jumat Makmum

Unt bilal qiblati est miruuman lillaahi ta’aala” “Ia niat shalat pada hari Jum’at ya Rabb, sebagaimana pada hari Jum’at”. Demi Ta’ala”.

Pada saat ia pergi untuk berdakwah, tentu saja ia tidak berlari, melainkan berjalan diam-diam menuju masjid, sebagaimana meriwayatkan Abu Huraira Radiyallahu Anhu dari sabda Nabi Muhammad SAW, yaitu:

Itu dan (diriwayatkan oleh Abi)

Artinya: “Jika shalatnya diterima, maka aku tidak terburu-buru mengerjakannya. Tetapi datanglah shalat menurut tata cara yang biasa dengan tenang dan tenang. Kemudian, begitu kamu menerima rakaat, ikutilah dan raka’.’ ah, aku merindukanmu, buatlah sempurna.’ (HR Bukhari dan Muslim)

Selain itu Syarat Sholat Jum’at yang dikutip dari kitab Fiqih Mula 2 karya Syekh Umar Abdul Jabbar dijelaskan bahwa Syarat Sholat Jumat ada lima : 5 Syarat Sholat Jumat

Itu harus didirikan di kota atau desa

Sholat Jumat berakhir pada siang hari

Sholat Jumat dilaksanakan oleh jamaah sebanyak 40 orang yang beragama Islam, muqalaf, mandiri dan mapan (tidak bepergian)

Jangan salat sebelum atau bersamaan dengan salat Jumat lainnya di area ini

Saya lebih suka dua khotbah

Kali ini ada pembahasan mengenai niat jamaah dan imam salat Jumat, serta beberapa pengumuman. Semoga bermanfaat. Lihat di bawah: Bos asuransi syariah ungkap harapan dengan perlindungan kendaraan listrik (mij/mij)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *