Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Bahlil Sebut Karyawan Starlink di RI Ada 3 Orang, Investasinya Rp 30 M

Jakarta CNBC Indonesia – Starlink resmi beroperasi di Indonesia mulai Mei 2024 setelah diresmikan oleh Elon Musk dan Presiden Joko Widodo di Bali.

Dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia ditanyai anggota Komisi VI DPR Dedi Sitorus soal investasi Starlink di Indonesia.

Jujur saja, menurut Online Single Submission (OSS), investasi Starlink Rp 30 miliar, kata Bahlil, Selasa (11/6/2024).

OSS adalah izin usaha elektronik yang diterbitkan oleh OSS atas nama Menteri, Presiden, Gubernur, atau Gubernur/Walikota kepada badan usaha.

Lebih lanjut, Bahlil mengungkapkan tenaga kerja Starlink yang terdaftar di Indonesia berjumlah tiga orang. Namun, dia tidak merinci lebih lanjut mengenai detail pengoperasian Starlink.

Sekadar informasi, ada beberapa isu yang muncul akibat kehadiran Starlink di Indonesia. Layanan internet satelit dinilai menjadi ancaman bagi pemain lokal karena menyediakan layanan telepon langsung atau koneksi langsung ke telepon seluler Indonesia melalui mekanisme bisnis B2C.

Selain itu, Starlink juga mengaku akan melakukan perang harga (harga seram) dengan diskon penjualan peralatan.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mendesak pemerintah meninjau kembali izin Starlink dan mengambil tindakan tegas untuk memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Cominfo) menegaskan Starlink menjalankan bisnisnya di Indonesia sesuai dengan seluruh regulasi yang berlaku, sama seperti pemain telekomunikasi lainnya. Starlink konon tidak diberikan perlakuan khusus dan tidak memiliki karpet merah.

Starlink antara lain telah menyelesaikan uji Perizinan Operasional (ULO), membangun Network Operations Center (NOCs) di Cibitung dan Karanwang, serta akan membayar biaya regulasi. Tonton video di bawah ini: Video: Desain chip canggih berbasis AI untuk industri ponsel pintar (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *