Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Bahlil Sebut Karyawan Starlink di RI Ada 3 Orang, Investasinya Rp 30 M

Jakarta, CNBC Indonesia – Starlink telah beroperasi di Indonesia sejak Mei 2024, setelah diresmikan oleh Elon Musk dan Presiden Joko Widodo di Bali.

Dalam rapat gabungan dengan Komisi VI DPR RI, Menteri Keuangan Bahlil Lahadalia ditanyai anggota Komisi VI DPR Dedi Sitorus soal pengenalan Starlink di Indonesia.

“Saya yakin, menurut Internet Single Submission (OSS), investasi Starlink sebesar DR 30 miliar,” kata Bahlil, Selasa (11/6/2024).

OSS adalah izin usaha elektronik yang diterbitkan oleh kantor OSS bagi menteri, kepala departemen, gubernur, atau bupati/walikota pada suatu badan usaha.

Selain itu, Bahlil mengungkapkan, ada 3 karyawan Starlink yang terdaftar di Indonesia. Namun, dia tidak merinci lebih lanjut mengenai kinerja Starlink.

Sebagai informasi, ada beberapa permasalahan yang muncul dengan hadirnya Starlink di Indonesia. Layanan berbasis internet ini dinilai bisa menjadi ancaman bagi pemain lokal karena menawarkan layanan direct to phone atau terhubung langsung ke ponsel warga Indonesia melalui bisnis B2C yang dijalankan perseroan.

Selain itu, Starlink dikatakan terlibat dalam penetapan harga dan penetapan harga pembelian peralatan.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) meyakini pemerintah akan mengkaji ulang izin Starlink dan mengambil tindakan tegas untuk mematuhi peraturan perundang-undangan.

Pemerintah telah memastikan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahwa Starlink akan berbisnis di Indonesia dengan mengikuti regulasi terkait, seperti operator seluler lainnya. Starlink dikatakan tidak diberikan perlakuan khusus atau diberi birokrasi.

Antara lain Starlink lolos Uji Laik Operasional (ULO), membangun Network Operation Center (NOC) di Cibitung dan Karanwang, serta setuju membayar pajak sesuai aturan. Tonton video di bawah ini: Dunia sedang bergejolak, kebutuhan pokok perekonomian tahun 2024 (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *