Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Bahlil Ungkap Pabrik Tembaga Terbesar Dunia Milik RI Beroperasi Juni

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Investasi / Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan pabrik smelter atau konsentrat tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur, akan beroperasi pada Juni 2024.

Menteri Bahlil mengatakan konsentrasi tembaga di bawah ini akan menghasilkan produk katoda tembaga dan emas. Bukan hanya tembaga, tapi emas, katoda, segala macam sudah diolah di Indonesia sejak Juni, kata Bahlil saat jumpa pers, Senin (29/4/2024).

Seperti yang Anda ketahui, Pabrik Peleburan Tembaga Freeport Indonesia merupakan single line smelter terbesar di dunia. Kedepannya, smelter ini dapat memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

Produk utama peleburan adalah tembaga katoda, emas murni dan perak serta PGM (Platinum Group Metal). Produk sampingannya meliputi asam sulfat, gipsum, dan timbal.

Katri Krisnati, Vice President Communications Freeport Indonesia, menjelaskan pihaknya saat ini fokus menyelesaikan proyek peleburan tembaga tersebut agar bisa selesai sesuai jalur S yang telah ditetapkan.

“Tujuan pekerjaan insinerasi masih bulan Juni 2024, sekarang kegiatan ini akan kita fokuskan mulai bulan Juni, dan akan dilakukan hingga bulan Mei,” jelas Katri di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Ketika beroperasi pada Juni 2024, diperlukan waktu 6 hingga 10 minggu untuk mengisi kembali pasokan tembaga smelter tersebut. Pada bulan Agustus, meteran akan bekerja pada tingkat 50%. Oleh karena itu, pada bulan Desember 2024 kekuatan pengukurannya akan penuh. “Saya berharap tidak ada kendala dalam peluncurannya (Mei) dan pengerjaannya akan dimulai pada bulan Juni,” pungkas Katri.

Misalnya, PTFI telah melakukan investasi hingga 3,1 miliar dolar AS atau setara Rp 48 triliun hingga akhir Desember 2023. Ini merupakan pembangunan PTFI yang kedua. Konstruksi pertama dibangun pada tahun 1996 dan dikelola oleh PT Smelting.

Tonton video di bawah ini: Pabrik peleburan tembaga ‘besar’ RI siap beroperasi hingga dolar melemah (pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *