Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Balas Dendam! Hizbullah Luncurkan Serangan Terbesar ke Israel

Jakarta, CNBC Indonesia – Hizbullah telah menembakkan ratusan roket, sebagian besar dilaporkan mengarah ke Israel dalam sehari, sejak pertempuran lintas batas pecah delapan bulan lalu. Hal ini merupakan bagian dari aksi menyusul serangan Israel yang menewaskan seorang pemimpin senior kelompok tersebut.

Hizbullah yang didukung Iran dan Israel telah saling baku tembak sejak pertempuran pecah di Gaza pada bulan Oktober, dengan meningkatnya kekerasan yang memicu kekhawatiran akan serangan besar terhadap kelompok militan tersebut.

Serangan Israel di desa Jouaiyya di Lebanon selatan pada Selasa (11/6/2024) menewaskan tiga anggota Hizbullah serta pemimpin senior Taleb Abdallah atau yang juga dikenal sebagai Abu Taleb.

Dia adalah pemimpin Hizbullah paling senior yang tewas dalam delapan bulan kekerasan, kata salah satu sumber.

Militer Israel mengonfirmasi bahwa mereka membunuhnya bersama tiga pejuang Hizbullah lainnya dalam serangan terhadap pusat komando dan kendali.

Sumber di Lebanon mengatakan dia adalah komandan Hizbullah untuk wilayah tengah di perbatasan selatan.

Hizbullah mengatakan pihaknya melakukan setidaknya 17 operasi terhadap Israel pada Rabu (12/6/2024), termasuk delapan operasi sebagai respons atas apa yang disebutnya sebagai “pembunuhan” yang dilakukan Israel di Jouaiyya.

Salah satunya, pejuang Hizbullah menembakkan rudal ke pabrik militer Israel. Dalam laporan lain, kelompok tersebut mengatakan mereka menyerang pangkalan militer Israel di Ein Zeitim dan Ami’ad, dan pangkalan udara militer Israel di Meron.

Sumber-sumber keamanan mengatakan kelompok itu menembakkan 250 roket ke Israel pada hari Rabu, jumlah tertinggi dalam satu hari dalam konflik sejauh ini. Lebih dari 100 roket diluncurkan secara bersamaan, salah satu serangan terbesar kelompok tersebut sejak pemberontakan dimulai pada bulan Oktober.

Selama pemakaman Abdallah di pinggiran selatan Beirut yang dikuasai Hizbullah, pemimpin senior Hizbullah Hashem Safieddine mengatakan kelompok itu akan meningkatkan kekuatan, kekuasaan, dan lebih banyak aktivitasnya melawan Israel sebagai balas dendam atas pembunuhannya.

“Jika musuh berteriak dan mengeluh tentang apa yang terjadi di Palestina utara, biarlah dia siap menangis dan menangis,” kata Safieddine yang dilansir Reuters.

Sirene terdengar di Israel utara.

Tentara mengatakan bahwa jet Israel menyerang beberapa lokasi peluncuran di Lebanon selatan setelah rudal ditembakkan ke Israel utara.

Militer Israel sebelumnya mengatakan Hizbullah menembakkan sekitar 50 bom dari Lebanon selatan ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Dalam pernyataan kedua, Israel mengatakan sekitar 90 proyektil terdeteksi di Lebanon, beberapa di antaranya berhasil dicegat sementara yang lain jatuh di berbagai tempat di Israel utara dan menyebabkan kebakaran di banyak wilayah.

Tidak jelas apakah kata-kata Israel merujuk pada dua perpecahan tersebut.

Militer Israel mengatakan pesawat-pesawat tempurnya menyerang posisi Hizbullah di dua wilayah di Lebanon selatan, sementara artileri menembaki sepertiga wilayah tersebut.

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa di pihak Israel, namun petugas pemadam kebakaran terkena serangan Hizbullah di beberapa daerah.

Abdallah, pemimpin Hizbullah yang terbunuh pada hari Selasa, adalah pemimpin Wissam Tawil, seorang pemimpin senior Hizbullah yang tewas dalam serangan Israel pada bulan Januari, kata sumber di Lebanon, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Kelompok militan Palestina Hamas menyebut Abdallah sebagai pemimpin besar, dalam sebuah pernyataan berduka atas kematiannya.

Serangan Israel telah menewaskan sekitar 300 pejuang Hizbullah di Lebanon – lebih banyak daripada yang mereka derita pada tahun 2006, ketika kedua belah pihak terakhir kali berperang besar.

Sebaliknya, serangan dari Lebanon menewaskan 18 tentara Israel dan 10 warga sipil.

Militer Israel mengatakan mereka telah membunuh lebih dari 320 anggota Hizbullah, termasuk setidaknya 100 orang yang menjadi sasaran setelah operasi di wilayah tersebut mengumpulkan “informasi intelijen yang baik” tentang mereka.

Tonton video di bawah ini: Video: Bos Hizbullah mengumumkan kesiapan untuk perang besar dengan Israel (luc/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *