Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Banyak Lansia RI Andalkan Transferan Anak, Apa Anda Salah Satunya?

Jakarta, CNBC Indonesia – Laporan terbaru Asian Development Bank (ADB) bertajuk Sumur Penuaan Asia yang dirilis pada Mei 2024 menyebutkan bahwa para lansia di Asia bergantung pada kiriman uang dari keluarga, terutama anak-anaknya.

Laos memiliki tingkat ketergantungan lansia tertinggi pada anak sebesar 71,8%, diikuti oleh Kamboja sebesar 61,5%. Sedangkan nilainya untuk Indonesia mencapai 50%.

Dikatakan sebagai bagian dari budaya setempat, dimana anak diasuh oleh orang tuanya saat masih kecil, kemudian berganti peran dengan orang tuanya saat beranjak dewasa.

Apakah Anda akan melakukan sesuatu yang kekanak-kanakan di masa depan?

Jika memang demikian, anak-anak Anda akan menjadi generasi sandwich yang akan menanggung beban finansial yang sangat besar. Kemandirian finansial sulit mereka capai di tengah serangan inflasi.

Namun, jika Anda memutuskan untuk memutus rantai sandwich, persiapkan dana pensiun Anda sedini mungkin dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Perhitungan dana pensiun

Dana pensiun sendiri merupakan uang yang sudah lama kita persiapkan untuk menutupi kehidupan kita ketika kita memasuki masa pengangguran. Kurangnya dana pensiun tentunya dapat memaksa kita untuk bekerja terus-menerus, mengorbankan waktu dan kesehatan, atau tentu saja bergantung pada anak untuk membiayai hidup.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir sekarang bukanlah waktu yang tepat untuk menabung untuk masa pensiun karena masa pensiun masih sangat jauh.

Namun asumsi ini tidak terlalu akurat, karena kebutuhan dana pensiun Anda mungkin tampak lebih besar akibat inflasi.

Langkah pertama dalam menghitung tabungan pensiun Anda adalah menghitung biaya hidup Anda di masa depan.

Hasil perhitungan pengeluaran selama 25 tahun ke depan dengan memperhitungkan inflasi tahunan.

Misalnya, jika pengeluaran tahunan Anda mencapai Rp400 juta di masa pensiun, maka Anda membutuhkan Rp4 miliar untuk hidup selama 10 tahun. Semakin lama Anda hidup di dunia, semakin besar pula dana pensiunnya.

Tidak mengherankan jika anak-anak Anda harus menghidupi Anda di masa depan, mereka tidak akan mandiri secara finansial.

Tonton video di bawah ini: Video: Menantikan peta jalan industri, inilah yang diharapkan para pelaku! (ek / ek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *