Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Research

Baru 100 Hari Kerja, AHY Sudah Bagi-bagi 2,4 Juta Sertifikat Tanah

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil menyalurkan 2,4 juta sertifikat tanah melalui Program Penyelesaian Pendaftaran Tanah Berjenjang (PTSL). Jutaan sertifikat dibagikan dalam waktu 100 hari menjabat Menteri ATR/BPN.

“Dalam 100 hari terakhir kita berhasil menambah 2,4 juta negara,” ujarnya pada acara 100 Hari Kerja AHY, di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat, (7/6/2024).

AHY mengatakan, saat program PTSL pertama kali diluncurkan pada 2017, baru 46 juta bidang tanah yang dikenai sanksi. Saat ini, pemerintah mengatakan ratusan juta bidang tanah memerlukan sertifikasi.

Oleh karena itu, kata AHY, pihaknya menilai Presiden Joko Widodo atau Jokowi harus memiliki program percepatan pendistribusian sertifikat tanah melalui PTSL. Karena jika tidak, jutaan negara tidak akan mempunyai kedaulatan.

“Kalau bisnis seperti biasa, tidak ada terobosan, banyak yang tidak selesai,” ujarnya.

AHY mengatakan, saat dilantik menjadi Menteri ATR/BPN pada Februari lalu, sudah ada 110 juta negara yang tersertifikasi. Dan dalam 100 hari, AHY bisa menyelesaikan 2,4 juta kavling.

“Dan saat ini sudah ada 113,3 juta negara yang sudah tersertifikasi,” ujarnya.

Tujuannya adalah menerbitkan 120 juta sertifikat tanah di Indonesia pada akhir tahun 2024. “Mudah-mudahan di akhir tahun 2024 kita bisa menjangkau 120 juta negara,” ujarnya.

Tonton video di bawah ini: Apakah Sertifikat Tanah Elektronik yang Didistribusikan Lebih Berdaya pada Mafia Tanah? (ha ha ha ha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *