Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Bayar Gaji, Tukin hingga THR PNS, Jokowi Kucurkan Rp96,2 T

Jakarta, CNBC Indonesia – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Presiden Joko Widodo 2024 telah menggunakan belanja pegawai sebesar Rp 96,2 triliun hingga akhir April 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan nilai belanja pegawai meningkat 19,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 80,5 triliun dan merupakan level tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Angka ini meningkat signifikan sebesar 19,5% dari tahun sebelumnya, kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN kita, Selasa (28/05/2024).

Total pengeluaran pegawai sebagian besar digunakan untuk keperluan rutin seperti gaji, tukin dan lain-lain sebesar Rp79,8 triliun, naik 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp68,8 triliun.

Selebihnya untuk pemberian THR kepada aparatur sipil negara (ASN) serta TNI dan Polri pada masa Idul Fitri atau Lebaran 2024 dengan total Rp16,4 triliun atau meningkat 40,2% dari periode yang sama tahun lalu.

Sri Mulyani juga membenarkan pesatnya peningkatan belanja pegawai disebabkan adanya pembayaran THR serta kenaikan gaji ASN/TNI/Polri, serta bonus kinerja atau tukin beberapa kementerian dan lembaga yang ditingkatkan.

Jadi kenaikannya terutama karena belanja THR dengan tukin yang meningkat dan sudah menjadi komponen 100%, kata Sri Mulyani Simak video di bawah ini: Tapera akan potong gaji, tapi tidak semua pekerja bisa menikmati program tersebut (tahun/mj )!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *