Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Bergaji UMR, Mau Nabung Biaya Pendidikan Anak? Gini Caranya

JAKARTA, CNBC Indonesia – Di saat biaya pendidikan terus menghadapi inflasi, mereka yang berpenghasilan Rp5 juta atau setara dengan upah minimum Provinsi Bekasi (UMP) nyaris tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup.

Di sisi lain, pengeluaran berupa pendidikan anak merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap keluarga. Sebab jika tidak, masa depan anak akan terancam.

Lalu langkah apa yang bisa diambil untuk menggalang dana bagi pendidikan jangka panjang anak? Berikut ini ikhtisarnya. Temukan biaya rata-rata pendidikan

Tanpa mengetahui total biaya pendidikan perguruan tinggi anak Anda, Anda tidak pernah tahu berapa banyak yang harus dialokasikan untuk tabungan atau investasi.

Sebaiknya tanyakan langsung ke pihak universitas yang bersangkutan atau ke kerabat.

Perlu diingat bahwa biaya pendidikan akan meningkat atau inflasi juga akan meningkat. Anda juga perlu membuat perhitungan berdasarkan ekspektasi inflasi yang Anda tetapkan.

Tentukan periode investasi

Jika anak Anda sekarang berusia 10 tahun, kemungkinan besar Anda akan memiliki cukup uang untuk menyekolahkan mereka ke perguruan tinggi dalam tujuh atau delapan tahun. Jadi, Anda punya tujuh hingga delapan tahun untuk ditabung.

Jika Anda mengetahui jangka waktu untuk berinvestasi atau menabung, Anda dapat memutuskan instrumen investasi mana yang akan digunakan.

Semakin lama jangka waktu investasinya, semakin menguntungkan pilihan peralatannya. Semakin pendek durasinya, semakin baik memilih instrumen dengan risiko lebih rendah. Bekerja sama mengumpulkan biaya sekolah

Jika Anda merasa gaji bulanan Anda tidak cukup, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Mintalah pasangan Anda untuk membantu Anda menanggung biaya pendidikan anak Anda.

Rutinlah dalam menabung dan berinvestasi, alokasikan uang minimal sebulan sekali pada tabungan atau sarana investasi khusus.

Semakin banyak Anda membiayai pendidikan anak Anda, semakin cepat Anda mengumpulkan dana yang diperlukan.

Tonton videonya di bawah ini: Video: Wajib Tahu! Tips mengelola dana pendidikan gratis (aak/aak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *