Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Ragam

Bertemu 1 Jam, Ini Isi Pembicaraan Jokowi-Prabowo dan PM Singapura

JAKARTA, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi Widodo) membeberkan hasil pertemuannya dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Bogor, Senin (29 April 2024). Sejumlah kesepakatan dan kesepahaman dicapai dalam pertemuan tersebut.

Indonesia dipilih sebagai tempat pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Lee Myung-bak dalam rangka Leaders’ Retreat 2024. Pertemuan itu berlangsung sekitar satu jam.

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee menyaksikan kesepakatan yang dicapai para menteri dari berbagai kementerian terkait sebelum melakukan pengumuman pers bersama. Kesepakatan tersebut adalah Nota Kesepahaman tentang Peningkatan Kapasitas Komunitas di Ekosistem Mangrove dan Update Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Singapura (JUDC).

“Saya sebelumnya melakukan beberapa diskusi dengan Perdana Menteri Lee mengenai politik dan pertahanan untuk pertama kalinya. “Kami menyambut baik penerapan Perjanjian Pertahanan dan Ekstradisi FIR (Flight Information Region) dan harus memastikan implementasi di masa depan berjalan lancar,” kata Perdana Menteri Joko Widodo dalam keterangan pers bersama.

Dan di bidang perekonomian, ada beberapa peluang investasi yang ditawarkan Indonesia. Di antaranya sektor manufaktur tekstil di Kendal Industrial Park, ekonomi hijau melalui infrastruktur berkelanjutan, dan pendirian data center di Nongsa, Batam.

Perdana Menteri Joko Widodo pun mengucapkan terima kasih atas minat 29 perusahaan Singapura di ibu kota Indonesia. Jokowi juga berharap mendapat dukungan dari Singapura untuk mendirikan PLTS di IKN.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berharap rencana ekspor listrik ke Singapura terus digalakkan, termasuk investasi untuk mendukung industri hijau.

“Dan untuk ketahanan pangan, kami sepakat untuk mendorong transfer teknologi dan kerja sama pertukaran iptek di bidang pengolahan pangan,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengajak Singapura untuk mengembangkan tiga kawasan industri halal di Bintan, Serang, dan Sidoarjo. Rencana untuk memperkuat transformasi dengan berinvestasi pada pembangunan rumah sakit dan klinik juga sedang dibahas.

“Kami mengembangkan kapasitas tenaga medis untuk digitalisasi layanan kesehatan dan mengembangkan KEK layanan kesehatan di Bali,” jelasnya.

Selain itu, Perdana Menteri Joko Widodo juga menyampaikan pentingnya menghidupkan kembali Kelompok Kerja Bersama Pembangunan Pendidikan.

Isu-isu lokal dan global dibahas pada kesempatan ini.

“Kita akan berupaya lebih mendorong terciptanya perdamaian di Timur Tengah dan terus memperkuat sentralitas ASEAN,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta secara pribadi mengundang Perdana Menteri Lee ke Forum Air Dunia ke-10 di Bali. Tonton video di bawah ini: Video: Presiden Joko Widodo mengunjungi Perdana Menteri Singapura bersama Prabowo (Emi/Rabu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *