Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Bertemu Mendag Inggris, Airlangga Singgung JETCO hingga Susu Gratis

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Keuangan Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Perdagangan Inggris, The Rt. Kehormatan. Greg Manus MP di Kantor Departemen Bisnis dan Perdagangan, di London, Inggris, Senin (29/4/2024). Pertemuan hangat antara kedua Menteri diadakan di salah satu ruangan bersejarah Gereja Churchill.

Dalam acara tersebut, Airlangga menceritakan perkembangan kerja sama besar Indonesia-Inggris dalam pendirian Royal College di Indonesia serta perkembangan acara pemilu yang hanya berlangsung satu hari dengan damai.

Hubungan yang paling erat antara kedua negara dihubungkan dengan perjanjian kemitraan ekonomi dan komersial (JETCO) yang bekerjasama dengan kegiatan 3 kelompok kerja tersebut.

Airlangga berharap JETCO segera memberikan hasil nyata, termasuk di bidang energi dan ekonomi digital.

Menteri Greg yang mendampingi utusan khusus Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia, Richard Graham yang berbicara dalam bahasa Indonesia menyampaikan kesan mendalam terhadap pelaksanaan pemilu di Indonesia, membandingkan proses yang sama di Inggris.

Lebih lanjut menyatakan bahwa Inggris memiliki minat dan pengalaman di bidang energi bersih, Menteri Greg menawarkan kerja sama energi bersih di Indonesia sebagai negara kepulauan. Penerapan energi bersih nantinya akan dikaitkan dengan pengelolaan input sumber daya.

Menteri Greg juga berharap perdagangan produk susu dan turunannya berada dalam kerangka JETCO yang sejak lama masih mengalami kendala registrasi, serta penerapan Sanitary and Phytosanitary (SPS).

Menanggapi hal tersebut, Airlangga menegaskan bahwa Indonesia sedang dalam proses menerapkan deregulasi yang merupakan mekanisme pendaftaran produk susu dan turunannya yang lebih mudah. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan permintaan produk susu dan turunannya dengan program baru pemerintah yaitu susu untuk pelajar.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Airlangga memimpin dorongan penerapan regulasi uji tuntas Inggris terhadap produksi minyak sawit Indonesia dan mengharapkan adanya perlakuan regulasi yang adil. Kini, Indonesia menyatakan ketidaksetujuannya terhadap penerapan kebijakan Uni Eropa mengenai produksi berkelanjutan. Indonesia dan Malaysia bekerja sama untuk menetapkan standar produk berkelanjutan.

Kedua menteri juga membahas gagasan kerja sama perdagangan bebas, bergabungnya Indonesia menjadi anggota OECD, dan kerja sama regional. Indonesia siap membuka perdagangan bebas dengan Inggris.

Karena pendapat tersebut, Greg menilai pentingnya masuknya Indonesia ke dalam CPTPP dimana Inggris baru saja bergabung. Misi khusus Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia, Richard Graham, membahas kerja sama produksi mineral besar untuk mendukung industri pejuang. Di akhir pertemuan, Greg mengajak Menko Airlangga untuk melihat tempat penyimpanan peta dunia saat strategi perang dunia Churchill disusun. Lihat di bawah: Protes Pro-Palestina Meluas di Eropa, Apakah Pelajar Indonesia Aman di Inggris? (ha ha ha ha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *