Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Ragam

BI Rate Tetap 6,25% Juni 2024, Ini Dampak ke Setoran Pajak

Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan sebesar 6,25 persen pada rapat Dewan Pengurus (RDG) pada tanggal 20 dan 21. Juni 2024. Suku bunga sistem simpanan tetap sebesar 5,50 persen dan suku bunga fasilitas kredit sebesar 7 persen.

Posisi BI rate ini masih stabil sejak kenaikannya pada April lalu. Namun BI rate termasuk yang tertinggi dalam lima tahun terakhir. Kenaikan suku bunga acuan justru berdampak pada perekonomian.

Saat BI menaikkan tarif pajak pada April lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali menegaskan pihaknya mewaspadai dampak tarif pajak BI terhadap pembayaran pajak, khususnya PPN. Ia mengatakan Kementerian Keuangan akan terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia untuk memberikan masukan kepada pasar.

Pada kuartal I-2024, Sri Mulyani melihat penerimaan PPN bruto semakin meningkat positif sebesar 5,8 persen. Ia mengatakan, pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia memang masih memiliki ketahanan terhadap ketidakpastian global yang melanda Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya juga mewaspadai dampak kenaikan BI rate terhadap sektor keuangan. Dia mengatakan, kenaikan BI rate pasti akan berdampak pada beban pembiayaan atau cost of financing.

“Kami akan terus melakukan pendekatan ini dengan hati-hati,” katanya.

Ia juga menyampaikan Kementerian Keuangan akan terus menjalin sinergi dan koordinasi dengan Bank Indonesia terkait dinamika global yang terjadi saat ini. Sri Mulyani berharap kerja sama ini dapat menjaga stabilitas perekonomian dalam negeri tanpa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

“BI dari sisi moneter dan kami dari sisi perpajakan, khususnya dari sisi keuangan, sedang beradaptasi dengan perubahan keadaan,” ujarnya.

Simak videonya di bawah ini: Video: Rupiah Anjlok, Ini Kata Srimul & Bos BI Usai Ditelepon Jokowi (ha/ha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *