Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Research

Bos MIND ID Optimistis RI Bisa Jadi Penentu Harga Nikel Cs di Dunia

JAKARTA, CNBC Indonesia – Direktur Handy MIND ID Prio Santoso mengatakan Indonesia bisa menentukan harga material kritis dan strategis di dunia seperti nikel, timah, dan batu bara. Pasalnya, Indonesia mempunyai potensi dan cadangan yang besar dalam pengelolaan mineral strategis dan kritis dunia.

Menurut Hand, cadangan nikel Indonesia mencakup 60% cadangan nikel dunia, yang menentukan industri kendaraan listrik global.

“Indonesia mempunyai peran penting dalam masa depan industri ketenagalistrikan. Pasarnya mencakup 60% rantai pasok global,” kata Handy, Kamis (20/06/2024) di acara MINDialogue CNBC Indonesia di Jakarta.

Selain itu, turunan nikel seperti kobalt juga berperan penting dalam rantai pasokan global. Selain itu, Indonesia memiliki cadangan bauksit dan aluminium yang akan berperan penting dalam industri kendaraan listrik di masa depan.

“Kalau komponen kendaraan listrik ini kedepannya absis, itu potensi yang bagus,” ujarnya.

Indonesia juga merupakan pemain mineral penting dunia seperti timah “Top 3”. Hal ini juga memungkinkan Indonesia untuk mempengaruhi distribusi rantai pasokan. Jika Indonesia dapat mengkalibrasi pasokan dan permintaan melalui kerja sama dengan Tiongkok dan Peru, Indonesia juga dapat menjadi penentu harga.

“Rantai pasok timah dimiliki oleh tiga negara yaitu China, Peru, dan Indonesia, sehingga ini merupakan peluang kita untuk mempengaruhi distribusi rantai pasok tersebut. Jika kita bisa mengkalibrasi pasokan dan permintaan serta melakukan kerja sama dengan Peru, maka Indonesia bisa menjadi negara maju. tren,” kata Handy.

Berikutnya batu bara, pasokan Indonesia sangat penting. Konsumsi listrik per orang saat ini sekitar 1000 watt, untuk negara maju dibutuhkan 5000 watt per orang untuk konsumsinya. Ia menegaskan, pasokan batu bara untuk energi penting di sini.

“Ini merupakan contoh penting dan strategis bagi perekonomian di masa depan,” ujarnya.

Tonton video di bawah ini: Indonesia jadi role model negara pertambangan global, investasi makin pesat (hura/hura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *