Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

BPK Temukan Fraud Indofarma, Negara Rugi Rp146,57 M

Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Pengawas Keuangan Indonesia (BPK RI) telah menyelidiki pendapatan, pengeluaran, dan investasi BUMN dan entitas lainnya, termasuk PT Indofarma Tbk dan PT IGM (anak perusahaan PT Indofarma Tbk). ) dijual tanpa mempelajari dan menganalisis kemampuan finansial nasabah sehingga menimbulkan potensi kerugian Rp 146,57 miliar.

Beberapa waktu lalu, produsen farmasi milik negara ini juga membeberkan informasi adanya kasus penipuan yang sedang diusut Kejaksaan Agung. Juliandriani, Direktur Utama Indofarma, mengatakan berdasarkan temuan Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), terdapat kecurangan dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Hasil ini kemudian dilanjutkan dengan studi percontohan.

Pada tanggal 20 Mei 2024, BPK RI mengirimkan kepada Kejaksaan Agung Republik Indonesia Laporan Hasil Pemeriksaan Penyidikan (LHP) atas pengelolaan keuangan perseroan, anak perusahaan dan organisasi terkait lainnya untuk tahun 2020. 2023.

Upaya hukum yang dilakukan perseroan sejalan dengan rekomendasi LHP BPK RI di bidang perdata dan pidana dengan mengacu pada peraturan dan perundang-undangan terkait, kata Vuliandriani, Jumat (31/5). / 2024).

Sebelumnya Semester II 2023. hasil tes (IHPS) dikirimkan ke pengurus KHDR RI hari ini (4/6). IHPS II tahun 2023 serta tahun 2005 hingga 2023 mengungkapkan bahwa hasil pemantauan pelaksanaan rekomendasi BPK sebesar 78,2% memenuhi rekomendasi tersebut.

“Dengan tindak lanjut ini, BPK telah menyelamatkan uang dan aset masyarakat dalam bentuk pengalihan aset dan/atau penyertaan dana negara/daerah/perusahaan untuk hasil pemeriksaan senilai Rp136,88 triliun sejak tahun 2005 hingga tahun 2023.” Ketua BPK Isma Atatu mengatakan, aksi demonstrasi IHPS II tahun 2023 digelar di Sidang Umum KHDR di Jakarta.

IHPS II 2023 memuat ringkasan 651 laporan temuan audit (AHR), yang terdiri dari 1 LHR keuangan, 288 LHR tingkat kinerja, dan 362 LHR tujuan khusus (DTT). Termasuk di dalamnya IHPS serta hasil dua kajian tematik penting secara nasional (PN), yaitu pembangunan daerah dan transformasi intelektual serta pengembangan budaya.

Simak video di bawah ini: Video: BI rate flat, IHSG ditutup hijau (bln/m)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *