Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

BPS Ungkap Harga Beras di 8 Provinsi Ini Susah Turun, Kok Bisa?

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras di Indonesia akhirnya mengalami penurunan pada April 2024. Penurunan beras terjadi di 28 provinsi dan menyumbang harga beras hingga 0,12% pada bulan ini. bulan April.

“Setelah menghadapi inflasi selama 8 bulan berturut-turut sejak Agustus 2023, beras mengalami resesi pada April 2024,” kata Wakil Direktur Jenderal BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers di kantornya di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Menurut Amalia, anjloknya harga beras disebabkan oleh mulainya panen raya di Indonesia. Namun BPS juga mencatat harga beras masih menghadapi kenaikan harga di 8 provinsi lainnya yaitu Provinsi Papua Barat Daya, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Provinsi Riau, Papua Barat, Papua, dan Maluku Utara.

Menurut Amalia, kenaikan harga beras di banyak provinsi disebabkan adanya perbedaan konsumsi beras antar daerah. Selain itu, cara menanam dan memanennya berbeda-beda.

“Hal ini menyebabkan adanya perbedaan struktur permintaan dan pasokan beras antar daerah. Meski panen dalam negeri besar, namun tidak semua daerah mengalami penurunan produksi, itu beras,” ujarnya.

Amalia melanjutkan, BPS juga menyebut banyak daerah yang berminat terhadap varietas padi Tanah Air. Misalnya saja Suku Minang yang tinggal di wilayah Riau dan sekitarnya lebih menyukai varietas padi Solok.

Selain itu, masyarakat Kalimantan juga suka menyantap nasi jenis lokalnya. Sistem pangan ini sepertinya mustahil, yakni pasokan dari luar daerah pada musim panen seperti saat ini tidak bisa menurunkan harga beras dalam negeri, jelasnya.

Apalagi jika produksi beras dalam negeri belum meningkat, jika kebutuhan beras dalam negeri masih tinggi dan otomatis tidak bisa tergantikan permintaan beras dalam negeri dengan beras dari luar negeri maka beras dalam negeri masih bisa tinggi. bahkan jika kita memasuki masa panen besar negara. ,” dia berkata. Tonton video di bawah ini: VIDEO: Harga Gula Naik di Toko Kelontong (wur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *