Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

BSI Terbitkan Sukuk ESG Rp3 T, Dananya Mengalir ke Sini

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk (BRIS) menerbitkan Sukuk Sustainability senilai Rp3 triliun. Sukuk ini juga akan didistribusikan dalam dua sektor pendanaan.

Seperti diketahui, Sukuk BSI terbaru diterbitkan dalam tiga seri dengan imbal hasil berkisar 6,40-7,20% dengan tenor 1, 2, dan 3 tahun. Masa penawaran awal berlangsung pada 14-30 Mei 2024.

Ketua BSI Hery Hunardi mengatakan dana yang diperoleh dari penerbitan sukuk ini akan dialokasikan untuk kegiatan usaha sosial (KUBS) sebesar 60% dan kegiatan usaha berbasis lingkungan (KUBL) sebesar 40%.

“Tahun 2024 kita terbitkan sukuk senilai Rp3 triliun, 60% ke kelompok sosial dan 40% ke lingkungan. Jadi ini benar-benar 100% ESG,” kata Hery di Segmen Money Talk CNBC TV, Selasa. , (6/11/20242).

BSI menilai peluncuran produk sukuk berkelanjutan ini sejalan dengan perhatian global dan pemerintah terhadap isu ESG. Hal ini juga sejalan dengan prinsip syariah perbankan yaitu people, profit and planet (maqashid syariah).

Selain itu, peluncuran sukuk ESG merupakan upaya BSI untuk memperkuat struktur pendanaannya. Selain itu, BSI menjadi satu-satunya bank syariah yang menerbitkan sukuk berkelanjutan.

Peluncuran sukuk ini menarik banyak perhatian masyarakat. Pasalnya, pemesanan Sukuk yang dimulai Rabu (15/5/2024) ini, mencapai 300% atau sekitar Rp 9 triliun.

“Klien tertarik karena merupakan produk investasi dengan risiko rendah dengan imbal hasil yang cukup baik, serta peluang untuk berpartisipasi dalam isu keuangan berkelanjutan,” kata Hery.

Sebagai informasi, Sukuk ESG BSI dapat dimiliki oleh investor institusi dan ritel dengan harga per unit Rp5 juta. Saat ini, mayoritas yang melakukan reservasi berasal dari kategori investor institusi.

Selain itu, Sukuk Keberlanjutan BSI dapat dibeli oleh investor pada perusahaan efek yang bermitra dengan perusahaan yaitu Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, Trimegah Sekuritas, Mega Capital Sekuritas dan Maybank Sekuritas.

Penerbitan sukuk ESG ini juga melengkapi rangkaian aktivitas pasar modal BSI. Diantaranya adalah right issue pada tahun 2022, penerbitan surat berharga EBAS-SP SMF-BRIS 01, dan Sustainability Sukuk awal tahun ini.

Tonton video di bawah ini: Video: Oversubscribed tiga kali! Pemesanan Sukuk ESG BSI mencapai Rp 9 (mkh/mkh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *