Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Bukan Mitos! Aceh Simpan ‘Harta Karun’ Migas Raksasa

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan, kesuksesan Aceh di komoditas migas kemungkinan besar akan terulang kembali.

Hal ini menyusul penemuan sumber daya gas yang besar dari sumur eksplorasi laut dalam Tangkulo-1 yang dibor di Andaman Selatan oleh Mubadala Energy. Sumur Tangkulo-1 diprediksi memiliki potensi gas lebih dari 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Bagus sekali. Beliau (Mubadala) yang terakhir mendapatkan 2 TCF lagi di lapangan,” kata Arifin di sela-sela Konvensi dan Pameran IPA ke-48 (IPA Convex 2024), di ICE BSD City, Tangerang, Selasa (14 / 5/ 2024).

Menurut Arifin, Mubadala Energy juga menemukan cadangan gas bumi pada tahun lalu melalui pengeboran sumur Layaran-1 di Blok Andaman Selatan dengan potensi gas di tempat sebesar 6 TCF.

Selain itu, di blok South Andaman juga ditemukan gas di sumur Timpan-1 blok Andaman II yang dioperasikan Premier Oil. Sedangkan sumur Timpan-1 diproyeksikan memiliki potensi sebesar 5,5 TCF. “Kami minta Mubadala mempercepatnya. Saya berharap seluruh KKKS di sana bersatu,” kata Arifin.

Sebelumnya, CEO Mubadala Energy Mansoor Mohammed Al Hamed mengatakan, selain keberhasilan Mubadala baru-baru ini di sumur Layaran-1, penemuan terobosan ini menjanjikan transformasi lanskap energi di Indonesia dan Asia Tenggara serta menunjukkan bahwa Andaman Selatan adalah sumber energi yang menjanjikan. energi di dunia ini.

“Dengan bekerja sama dengan mitra dan mengembangkan kemampuan teknis global, saya yakin kami dapat sepenuhnya mewujudkan potensi blok ini, sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung jadwal pembangunan pemerintah. Informasi ini memperkuat kemampuan kami untuk berperan aktif di bidang energi. transisi melalui strategi berbasis gas alam”, ujarnya.

Menurut Mansoor, dengan 80% kepemilikan di blok South Andaman, Mubadala Energy merupakan pemilik areal bersih terbesar di wilayah lepas pantai utara Pulau Sumatera.

“Sejalan dengan strategi berbasis gas perusahaan, sumur Tangkulo-1 merupakan pilar penting dalam narasi pengembangan kami karena penemuan ini membuka potensi lebih lanjut di bagian selatan blok Andaman Selatan dan menunjukkan potensi tambahan sumber daya gas multi-TCF di struktur sekitarnya. Dia berkata.

Sementara itu, bersama dengan sumur Layaran-1, penemuan ini meningkatkan volume potensi cadangan dan memberikan dana bagi Mubadala Energy untuk melanjutkan pengembangan organik di kawasan tersebut melalui kegiatan eksplorasi dan penilaian lebih lanjut.

Tonton video di bawah ini: Elon Musk akan datang, biaya berlangganan Starlink akan datang (pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *