Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Bukan Ribut, Raksasa Internet Kabel Malah Gandeng Starlink

Jakarta CNBC Indonesia – Raksasa internet Comcast bermitra dengan Starlink, layanan internet satelit milik Elon Musk, untuk menyediakan konektivitas kepada pelanggan bisnis di wilayah dengan akses internet terbatas.

Kemitraan antara kedua perusahaan Amerika ini akan menjadi operator jaringan dan operator satelit pertama yang menawarkan konektivitas, kata Reuters. Dikutip pada Senin (24/6/2024)

Ini merupakan langkah terakhir Starlink dalam pengembangan bisnis. Perusahaan juga bermitra dengan operator T-Mobile.

Kemitraan ini bertujuan untuk menyediakan konektivitas telekomunikasi satelit kepada pelanggan yang tidak memiliki telepon seluler.

Reuters juga menulis bahwa kemitraan dengan Comcast memperkuat posisi Starlink dibandingkan pesaing terkenal lainnya di jaringan komunikasi satelit, termasuk Amazon, Kuiper dan Viasat.

Starlink adalah konstelasi satelit komunikasi terbesar. Menggunakan teknologi Low-Earth Orbit (LEO), telah menjadi operator terbesar.

Layanan ini menyediakan koneksi internet untuk pelanggan perorangan dan bisnis, namun ditujukan terutama bagi mereka yang berada di wilayah dengan akses internet terbatas.

Starlink sendiri tersedia di banyak negara, namun belum banyak digunakan oleh masyarakat bahkan 1% pengguna internet di setiap negara.

Di Amerika Serikat, sejak dirilis pada tahun 2020, hanya 1,2 juta perangkat yang telah digunakan. Angka tersebut hanya mewakili 0,39 persen penetrasi pengguna Internet di Amerika Serikat.

Jumlah terbesar hanya tersedia dari Selandia Baru. Sejak diluncurkan pada tahun 2021, telah menjangkau 40.000 pengguna internet atau 0,8 persen penetrasi internet di Tanah Air. Simak video di bawah ini: Video: Elon Musk Direkrut Luhut, Disambut Jokowi Pimpin Rp 30 Miliar ke RI Saja (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *