Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Bukti Google Sudah Ditinggal, Orang Ramai Pindah ke Aplikasi Ini

JAKARTA, CNBC Indonesia – Sudah menjadi rahasia umum jika generasi muda atau Gen Z kini lebih banyak menggunakan platform media sosial dibandingkan Google untuk mencari informasi dan berita baru.

Laporan baru dari Forbes Consulting bekerja sama dengan Talker Research menunjukkan perilaku pengguna internet di Amerika Serikat. Mereka mensurvei 2.000 orang.

Hasilnya, 46% Gen Z lebih memilih menggunakan media sosial seperti TikTok dan Instagram dibandingkan menggunakan Google untuk mencari informasi.

Tren serupa terjadi di kalangan milenial, yaitu sebesar 35%. Sementara itu, hanya 18% Gen X yang menggunakan TikTok dan Instagram dibandingkan Google untuk mencari berita.

Yang lebih kecil lagi adalah Baby Boomers sebesar 7% dan Silent Generation sebesar 2%, menurut MarketingDive, Rabu (5/6/2024).

Google sendiri telah mengakui bahwa platform media sosial seperti TikTok dan Instagram menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnis. Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden Google Prabhakar Raghavan pada tahun 2022.

Menanggapi tren ini, Google berjuang dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengendalikan pengguna Internet. Baru-baru ini, Google menambahkan fitur serupa ke ChatGPT di layanan pencariannya.

Pada saat yang sama, TikTok sedang bereksperimen dengan chatbot cerdas. Demikian pula, Meta menambahkan kemampuan AI pada produknya selain Berita.

Oleh karena itu, semua perusahaan teknologi telah bergerak menuju sebuah visi, yaitu menciptakan kecerdasan pada platformnya untuk memenangkan hati pengguna internet.

Selain itu, penelitian Forbes Advisor juga menganalisis perilaku pengguna internet Gen Z, misalnya apa yang mereka lakukan saat memeriksa konten di platform TikTok, Instagram, dan Google.

Ternyata TikTok banyak digunakan untuk mencari ide hadiah, inspirasi rambut dan riasan, kebugaran dan kesehatan, resep, dan fashion.

Sementara itu, Google terus menjadi platform terdepan untuk mencari informasi mengenai layanan purna jual mobil, layanan pembersihan, rekomendasi restoran dan bar, rekomendasi utilitas, dan layanan keuangan.

Jika Anda lajang, bagaimana Anda menggunakan TikTok, Instagram, dan Google? Tonton video di bawah ini: Video: AS mengancam akan memblokir TikTok, CEO bertemu senator (luar biasa/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *