Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

BUMN Mau Bikin Bullion Service, Freeport Bakal Terlibat

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menunggu peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (POJK) tentang pengembangan jasa emas atau pengembangan jasa emas yang merupakan turunan dari pengembangan Sektor Keuangan. dan Undang-Undang Pemberdayaan (UU P2SK).

Terkait pengembangan ekosistem jasa emas, BUMN akan memproduksi emas melalui smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang akan beroperasi mulai Mei 2024.

Menurut Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, tidak diterbitkannya POJK tersebut karena berbagai alasan.

“Kalau kita pikirkan baik-baik [alasan POJK tentang pengembangan emas tidak diterbitkan], karena [layanan emas] merupakan konsep baru. Biasanya OJK mengatur lembaga keuangan yang tidak memiliki penyerahan fisik atau bahkan paperless. sedangkan [emas] itu unik,” ujarnya saat meresmikan Menara Gade, Selasa (7/5/2024).

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan, OJK harus melakukan pengawasan yang sangat ketat untuk memastikan jumlah emas yang didaftarkan sebagai milik nasabah sesuai dengan jumlah fisik emas yang benar-benar tersedia dan dikuasai dalam sistem ekosistem emas.

“[Emas] ini mengandung fisik barang, yang harus dipastikan yang didaftarkan pada pemesan dan fisik bendanya harus diperiksa,” imbuhnya.

Sementara itu, anak usaha BUMN PT Pegadaian (Persero) telah menyiapkan uji sistem untuk mengembangkan ekosistem emas, termasuk Tabungan Emas Plus.

Senior Manager Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan melalui Tabungan Plus, nasabah bisa mendapatkan margin keuntungan dari simpanan emasnya. Selain itu, tabungan ini juga dapat menghasilkan pinjaman.

Damar menjelaskan, bagi yang membutuhkan emas juga bisa datang ke Pegadaian untuk meminjam emas kemudian membayarnya dengan emas juga.

“Kedua sistem tersebut masih diuji coba secara internal oleh perusahaan dan belum dirilis secara luas ke publik. Kami masih menunggu keluarnya POJK tersebut. kata Damar saat jumpa pers Pegadaian Performance 2023 Februari lalu.

Simak video berikut ini: Video: Revisi PP 96/2021, Apakah Negara dan Anak di Bawah Umur Akan Diuntungkan? (mkh/mkh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *