Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Bursa Pilgub Jakarta: Adu Kekuatan Anies, RK, Ahok, hingga Kaesang

JAKARTA, CNBC Indonesia – Beberapa partai politik berbondong-bondong mengusung calonnya untuk mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgab) Diki Jakarta 2024 mendatang. Nama-nama calon sudah disiapkan.

Pasar gubernur tahun ini dipenuhi nama-nama besar yang bersaing memperebutkan posisi teratas di kawasan strategis tersebut.

Sejauh ini bursa Pilgub sudah mencatatkan nama Anis Basedan, Ridwan Kamil (RK), Basuki Tajaja Purnama (BTP), dan Kazang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anyus Basvedan

Setelah gagal dalam pemilihan presiden pada tahun 2024, Anis menyatakan kesediaannya untuk kembali memimpin di Jakarta. Sebelumnya, Anyus menjabat Gubernur Diki Jakarta pada 2017-2022.

“Kami ingin warga Jakarta merasakan kemajuan dan kebahagiaan,” kata Anees di GExpo Kemayoran, dikutip CNNIndonesia, Minggu (23/6/2024).

Dalam keterangannya, Anis ingin mengembalikan Jakarta menjadi kota sejahtera dengan warganya bahagia. Hal ini sejalan dengan tagline Jakarta yang dipimpin Anus pada 2017-2022 yaitu ‘Kota Maju, Warga Bahagia’.

Saat ini Anyus mendapat dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di wilayah Jakarta.

Meski begitu, Anis belum menerima surat dukungan dari tingkat pusat keempat partai tersebut.

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil dipastikan bakal bertarung di Pilgub Jakarta, meski belum memberikan pernyataan resmi soal pencalonannya. Gubernur Jawa Barat 2018-2023 mendapat dukungan dari Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu disampaikan Ketua DEP Partai Gerindra Sufmi Dasko Ahmed. Katanya, yang memintanya ikut kontes di Jakarta adalah RK.

Kata Dasco di Kompleks Parlemen, Kamis (20/6/2024). Namun mohon konfirmasinya bahwa yang meminta untuk tetap berada di Jakarta saat itu adalah Pak Ridwan Kamil.

Sementara Partai Golkar dukungan RK ingin kadernya bisa ikut serta dalam Pilgub Jabar. Partai, menurut pimpinannya, menilai RK lebih potensial di Jabar dibandingkan di daerah lain.

Basuki Thajaraja Poornama

Selain Anik dan RK, Basuki Tajaraja Purnama juga masuk dalam bursa Pilgub DKI Jakarta. Pria yang akrab disapa Ahok itu mengungkapkan keinginannya memasuki bursa pemilihan gubernur dalam podcast A3 (Tanya Ahok Apa Saja).

Dalam kesempatan itu, Dickey mengaku terbuka terhadap kemungkinan kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Jakarta dan akan mempersiapkan diri dengan membahas permasalahan yang ada di ibu kota.

“Jika saya mendapat kesempatan menjadi Gubernur Jakarta lagi, saya akan lebih siap dari sebelumnya,” kata Ahok di Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

Namun Ahok mengatakan, PDP yang pro partai tidak lagi berhak mengajukan calonnya sendiri. PDIP terpaksa beraliansi karena DPRD kekurangan kursi.

“Sulit bagi saya untuk bertahan di Jakarta lagi, secara teori memang benar, karena partai pengusung saya tidak bisa maju bersama. PDIP punya 6 kursi,” ujarnya.

Kaisang Pangarep

Calon lain yang diprediksi masuk Pilgub Diki Jakarta adalah putra ketiga Jokowi, Kesang Pangarep.

Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (PSI) pada Pilgub Jakarta 2024, Diki Jakarta tak hanya akan meraih delapan kursi PSI di DPRD, tapi juga campur tangan dalam putusan Mahkamah Agung (MA) terkait perubahan persyaratan usia daerah. Kandidat Utama

Kaisang mengaku Dickey bersedia mencalonkan diri sebagai gubernur Jakarta jika mendapat dukungan dari beberapa partai politik. Kaisang sejauh ini mendapat dukungan dari Partai Gerindra dan Pan.

Sepanjang partainya mendukung, tidak ada masalah, kata Kaisang saat ditemui di Kantor Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Untuk menjadi Gubernur Jakarta, Kaisang mengatakan ibu kota tidak hanya populer dan disukai. Menurutnya, masyarakat Jakarta membutuhkan sosok yang mempunyai etos kerja yang baik.

Saat ditanya soal bersaing dengan petahana Anis Basiden, Kaisang menjawab tidak. Namun dia tidak menjelaskan alasannya.

“Belum ada hubungannya, tapi sebagai informasi, saya kira Anda sudah mengenal saya dan Pak Anees,” kata Kesang.

Simak video di bawah ini: Video: ‘Star Wars’ Pilihan Gubernur DKI, Anis Tu Ahok dan Ridwan Kamil (Tonton/Tonton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *