Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Cara Mandi Junub Ketika Tidak Ada Air Sesuai Sunnah

Jakarta CNBC Indonesia – Mandi junub atau mandi tambahan merupakan salah satu tindakan mementingkan diri sendiri yang dilakukan umat Islam untuk menghilangkan beban berat di balik tindakan tertentu, seperti hubungan. Dan seseorang wajib mandi junub untuk bersuci sebelum kembali melakukan aktivitas keagamaan seperti shalat.

Mandi junub merupakan bagian penting dalam Islam. Dan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan air. Perubahan iklim dan kondisi lingkungan dapat membatasi sumber daya air. Hal ini membuat sulit untuk mencuci dengan air.

Setelah itu terjadi keadaan galau dan sehat dimana Junub tidak bisa mandi dengan air. Ada solusi praktis yang juga menjaga ketidaktahuan dalam situasi seperti itu. Islam memberikan keringanan dengan membolehkan mandi junub dengan menggunakan tayaam sebagai alternatifnya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mematuhi tata cara mandi wajib tanpa air. Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadis para sahabat Nabi Muhammad SAW. Salallah menaati peraturan ini. Ini bukan hanya jaminan kebersihan; Namun ikutilah juga jejak orang-orang sebelum Anda dalam menjalankan tata cara kusl wajib.

Cara tercepat membuat jimat adalah dengan mendapatkan jimat dengan jimat. Cara tercepat untuk mendapatkan kesepakatan terbaik adalah dengan mendapatkan kesepakatan terbaik untuk kesepakatan terbaik.

Itu berarti:

“Tayamum secara ilmu bahasa berarti keputusan atau niat, seperti ungkapan yammamaka fulanung bil khairi jika demikian, maka bagi anda juga mempunyai arti.”

Tayamum syariah adalah pengaplikasian debu pada wajah dan tangan dengan syarat khusus. Dasar tayammam adalah firman Allah dalam surat al-Maidah ayat 6: ‘Maka kamu tidak akan mendapat air. Maka sebaiknya kamu melakukan tayammam dengan debu suci.’

Sahabat Ibnu Abbas Ra berkata, “Maksudnya, jika sakit, bertayamum, jika bersafari (di jalan), bertayamum, tidak akan mendapat air”. dalam Qifayatul Akyar) Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk tayamum

Langkah-langkah penggunaan Mumum sebagai pengganti mandi Junup adalah sebagai berikut:

1. Siapkan rumah yang berdebu atau berdebu.

2. Sunnah harus menghadap kiblat. Letakkan kedua telapak tangan di atas debu.

3. Membaca niat Tayammam.

Semoga Tuhan memberkatimu.

Navetu tayammuma li istibahti salat lillahi ta’ala.

Itu berarti: 

“Aku putuskan untuk tayammam. Agar aku bisa tetap berdoa karena Allah Ta’ala”.

4. Gosokkan telapak tangan ke seluruh wajah, sentuh debunya satu kali.

5. Debu dengan kedua tangan mulai dari jari hingga siku.

6. Membaca doa setelah taimum.

اشْهَدِ اَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهِ وَۡدَهِ لَا شَرْ َلَا لَهُمْ َاجعَلےنِي م ِنَ التَّوَّابِيِنَ أَانَكَانَ أَنْكَعَ dosa-dosa yang ada pada makna shalat.

Ashadu Allah ilaha illallah wadahu la sharikah lah wa asihadu anna Muhammad Abdulhu wa rosuluh Allahummaj al.

Itu berarti:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang tidak mempunyai sekutu. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Tuhan, buat aku bertobat. sucikan aku dan jadikan aku hambamu yang menakutkan. Kemuliaan bagi Tuhan! demi kebaikanMu aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan setelah engkau. dan atas karunia-Mu aku memohon ampun, dan aku bertaubat.”

Apa yang menyebabkan tayaam

Menurut buku Ensiklopedia Fikih Indonesia: Haji dan Umrah karya Ahmad Sarwat Lc MA, alasan utama melakukan tayammam mencuci di junub adalah karena kekurangan air, selain itu. Jika air yang tersedia tidak cukup untuk mencuci Hal ini juga menjadi alasan yang sah untuk melakukan tayammam.

Selain itu, jika tidak ada akses terhadap air Tayammam juga diperbolehkan mandi junub. Bagi yang mempunyai penyakit sehingga tidak bisa menggunakan air, tayaam juga diperbolehkan.  Penyebab lainnya adalah suhu yang sangat dingin, sehingga berbahaya jika terus mandi dalam shalat. Dan waktunya telah habis, itulah alasan yang sah untuk melakukan tāyaṃm.

Demikian uraian langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk berenang tanpa air. Jadi umat Islam tidak perlu khawatir jika tidak mendapat air saat mengeluarkan hadada besar. Saksikan video di bawah ini: Video: BSI International Expo 2024, Ekosistem Industri Hala Indonesia (dag/dag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *