Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

CASN 2024 Dibuka Mei, Cek Formasinya di Sini!

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) 2024 akan dibuka pendaftaran mulai Mei 2024 untuk penetapan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Perjanjian Kerja Pekerja Umum (PPPK), khususnya tahun ini akan diadakan di CASN dalam tiga tahun angsuran dan angsuran pertama dimulai pada Mei 2024.

Informasi tersebut disampaikan Abdullah Azwar Anas, Direktur Bidang Pendayagunaan Aparatur Negara dan Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (PANRB).

“Dengan sepenuh hati Sedang kami perbaiki,” kata Anas, Jumat, 5 Maret 2024 di Jakarta.

Anas meminta masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah. Dia berencana mengumumkan penyelesaiannya bulan depan.

Bulan depan harus selesai, ujarnya.

UNS telah menetapkan komposisi rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024, antara lain 1,28 juta iuran dialokasikan untuk memenuhi total kebutuhan ASN sebanyak 2,3 juta orang.

Anas mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang mengkaji dan memverifikasi detail pembentukan ASN melalui Badan Pemerintahan Negara (BKN) yang diputuskan berdasarkan usulan seluruh instansi baik pusat maupun daerah.

Ia berharap pendaftaran bisa segera dimulai setelah selesai proses verifikasi. Hal ini berdasarkan hasil pengisian/pemasukan rincian formasi dari masing-masing Kementerian/Organisasi (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Kepegawaian serta BKN telah mempercepat proses peninjauan dan verifikasi formasi ASN berdasarkan informasi yang diterima dari K/L dan pemerintah daerah. Kami berharap K/L dan pemerintah daerah dapat memberikan masukan Sistem BKN sejauh ini sudah selesai. Tidak, segera selesai pengoperasiannya sehingga pendaftaran CASN segera dibuka sambil menunggu – menunggu masyarakat,” kata Menteri PANRB pada kesempatan lain, Jumat (5/3 /). 2567)

75 kementerian dan lembaga, serta 524 pemerintah daerah, total 862.174 komponen CASN 1,28 juta 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN nasional sebanyak 2,3 juta di berbagai tahap.

7 kementerian dan lembaga yang akan dibuka pada tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Kementerian Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka 15.462 formulir untuk CPNS dan 25.079 formulir untuk PPPK. Struktur PDRC yang dibuka akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dosen yang masih berstatus honorer untuk memenuhi kebutuhan guru universitas.

Dalam beberapa tahun terakhir Alokasi komponen untuk memenuhi kebutuhan guru sangat sedikit. Faktanya, jumlah siswa terus bertambah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadeem Anwar Marim mengatakan, selama 10 tahun terakhir, jumlah guru besar dan guru sangat terbatas. Ia mengatakan jumlah guru dan pensiunan dosen cukup banyak. Nadeem mengatakan jumlah lowongan yang dibuka Pelayanannya adalah tenaga kesehatan bisa bekerja di klinik, poliklinik, rumah sakit pendidikan. dan rumah sakit gigi dan mulut di universitas negeri.

2. Kementerian Kesehatan Masyarakat

Kemenkes membuka pendirian CASN sebanyak 23.200 orang pada tahun 2024. Formatnya meliputi 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK. Struktur yang dibuka Kemenkes nantinya akan digulirkan ke berbagai kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Mereka akan bekerja di klinik universitas dan lembaga pemerintah daerah.

Pemerintah berjanji akan memberikan lebih banyak insentif bagi tenaga kesehatan yang ingin bekerja di daerah terpencil, perbatasan, dan tertinggal (3T). Program insentif tersebut saat ini sedang dikembangkan menjadi rancangan peraturan pemerintah tentang manajemen ASN yang akan selesai pada akhir April 2024.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan: Strukturnya juga terbuka untuk mengakomodasi kebutuhan rumah sakit besar yang sedang dibangun. Salah satunya di IKN. “Karena di IKN harus bangun rumah sakit, maka kebutuhannya antara 800-1.000 posisi,” kata Budi.

3. Kementerian Agama

Kementerian Agama telah membuka pelatihan bagi total 110.553 orang. Komponen ini diperuntukkan bagi guru Madrasah, guru SMA Teologi Kristen. sekolah menengah Katolik Guru Besar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Penginjil, Pemimpin Agama, Kompetensi Digital dan persyaratan jabatan di IKN

Permintaan guru di sekolah madrasah sekolah kristen Dan ada kebutuhan akan ribuan sekolah Katolik. Pada saat yang sama, terdapat kebutuhan akan ribuan guru di universitas-universitas agama.

4. Kementerian Kesehatan Masyarakat

Kementerian yang dipimpin Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuka 26.319 formasi dari formasi tersebut. Akan dibuka 6.385 formasi untuk tenaga teknis CPNS, 3 formasi untuk tenaga CPNS kesehatan, dan 19.931 formasi untuk PPPK. Salah satu alasan dibukanya formasi sebanyak itu adalah untuk mendukung program prioritas penting seperti Ibukota Kepulauan (IKN).

5. Kementerian Sosial

Kemensos akan membuka 40.839 struktur CASN pada tahun 2024. Format ini mencakup 266 CPNS dan 40.573 PPPK lebih detailnya. Model operasionalnya meliputi tenaga teknis CPNS sebanyak 125 orang, CPNS kesehatan sebanyak 141 orang, PPPK sebanyak 40.508 orang, dan tenaga kesehatan PPPK sebanyak 65 orang.

6. Kementerian Perhubungan

Kemenhub membuka 18.017 posisi pada rekrutmen 2024, meliputi 1.385 tenaga teknis CPNS, 6 tenaga CPNS kesehatan, 16.543 tenaga teknis PPPK, dan 83 tenaga kesehatan PPPK.

7.Bawaslu

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) telah membuka 18.557 formasi, dengan rincian 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK. Terbuka posisi termasuk Analis Hukum. Analis Pengawas dan auditor

Tonton video di bawah ini: Video: Penilaian Kementerian Perhubungan Terhadap Angkutan Mudik dan Pulang Tahun 2024 (haa/haa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *