Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Ragam

Catat! Ini Syarat, Jadwal, Formasi dan Link Pendaftaran CPNS 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – Tahun ini, pemerintahan Presiden Joko Widodo akan membuka kembali rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CASN. Proses pendaftaran akan dimulai pada Mei 2024.

CASN pada tahun 2024 terdiri dari dua pelatihan yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Negeri Sipil dengan Kontrak Kerja (PPPK) dengan total kebutuhan pelatihan untuk kedua status PNS tersebut sebanyak 2,3 juta orang.

Total pelatihan terdiri dari 690.000 KPNS dan 1,6 juta PPPK. Dari total lowongan CPNS tersebut, akan dibuka 225.000 khusus penempatan di Ibukota Negara Republik Indonesia (IKN). Sedangkan PPPK dibuka untuk menyelesaikan permasalahan tenaga honorer.

Seleksi CPNS dibagi menjadi 3 tahap. Periode pertama terbuka untuk sekolah kedinasan. Periode kedua untuk CPNS dan PPPK. Sedangkan Periode III juga akan dilakukan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

Berikut penjelasan cara mendaftar serta syarat administrasi dan lainnya CASN 2024: Cara Pendaftaran CPNS 2024 dan Linknya

– Kunjungi website resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut – Buat akun dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) – Login dengan memasukkan NIK sebagai username dan password terdaftar – Isi biodata Pilih jenis pelatihan, lembaga seleksi dan jabatan sesuai pelatihan – Lengkapi rincian pendidikan – Unggah dokumen yang diperlukan – Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah – Cetak kartu informasi dan kartu registrasi – Verifikator informasi akan mengirimkan dokumen untuk verifikasi pemohon – Jika administratif. Seleksi dinyatakan berhasil, cetak kartu ujian di akun SSCASN – Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi pelepasan calon – Penyerahan dan penetapan NIP. Persyaratan dokumen pendaftaran CPNS 2024

– Kartu Keluarga – Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Daftar Badan Pusat Statistik

– Tidak pernah dipidana penjara 2 tahun atau lebih – Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak sukarela, atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil/prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). bagi pegawai swasta – Bukan CPNS, PNS, Prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia – Bukan anggota atau pengurus partai politik (partai politik) atau terlibat dalam politik praktis dan sehat jiwa sesuai kebutuhan jabatan yang dilamar – Disiapkan untuk seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditunjuk oleh instansi pemerintah. Pelatihan CPNS 2024

1. Kementerian Agama (Kemenag) Kementerian Agama mengumumkan pembukaan pelatihan bagi 110.553 orang yang terdiri dari 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK. Pelatihan ini meliputi guru madrasah, guru SMK Kristen dan SMA Katolik, guru agama PTN, penyuluh agama, tokoh agama, digital talent, dan penempatan IKN.

2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi selanjutnya akan membuka 15.462 posisi CPNS dan 25.079 posisi PPPK. Pelatihan ini membantu mengatasi masalah emeritus fakultas dan memenuhi kebutuhan hak asasi manusia di universitas dan lembaga pembelajaran di ibu kota negara (IKN).

3. Kementerian Sosial (Kemensos) Kementerian Sosial yang membuka pelatihan CASN sebanyak 40.839 orang. Pelatihan tersebut terdiri dari 266 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) dan 40.573 orang pegawai negeri sipil terikat kontrak (PPPK).

Secara khusus, direncanakan untuk melatih 125 staf teknis Badan Keamanan Nasional, 141 staf medis Badan Keamanan Nasional, 40.508 staf teknis Badan Keamanan Negara, dan 65 staf medis Badan Keamanan Negara.

4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Kementerian Perhubungan telah disetujui untuk membuka 18.017 posko yang terdiri dari CPNS dan PPPK dengan penekanan pada peningkatan kualitas pelayanan transportasi.

Formasi tersebut terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 18.017 orang, dengan rincian CPNS teknis 1.385 orang, CPNS medis 6 orang, teknis PPPK 16.543 orang, dan tenaga medis PPPK 83 orang.

5. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2024 Kementerian PUPR akan menerima 26.319 ASN dengan informasi 6.385 tenaga teknis CPNS, 3 tenaga CPNS medis, dan 19.931 tenaga teknis PNS dengan perjanjian kerja (PPPK).

6. Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Bawaslu akan merekrut 18.557 jabatan CASN, termasuk CPNS dan PPPK untuk jabatan-jabatan penting dan mendukung lembaga tersebut.

Rinciannya: 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK, termasuk pelatihan penting untuk mendukung efektivitas Bawaslu, seperti analis hukum, analis pengawasan, dan auditor.

7. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Berikutnya adalah Kementerian Kesehatan yang akan membuka pelatihan CASN 2024 untuk 23.200 orang. Pelatihan tersebut terdiri dari 8607 KPNS dan 14593 PPK.

Pelatihan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan ini nantinya akan diselenggarakan oleh sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Mereka akan bekerja di klinik kampus dan badan pemerintahan mandiri lokal. Tonton video di bawah ini: Bos Raksasa Teknologi Kunjungi RI, Apakah Digital Semakin Progresif? (DC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *