Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Cerita Trenggono Kapal Pengawas KKP Tangkap Maling Ikan Pakai Starlink

JAKARTA, CNBC Indonesia – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengakui layanan Starlink berbasis satelit telah diuji coba di beberapa kapal observasi kelautan dan perikanan.

Bahkan, berkat teknologi tersebut, Direktorat Jenderal Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) bisa menangkap kapal ikan Run Zheng yang melarikan diri pada bulan lalu, ujarnya.

“Kami sudah uji (Starlink), beberapa kapal pemantau kami sudah digunakan. Kemarin kami berhasil menangkap Run Zheng (RZ 03), salah satu kapal kami dilengkapi Starlink, sehingga kami bisa terus memantau dari pusat,” dia berkata. Trengono Jakarta, Selasa (6 November 2024) saat rapat di Gedung Parlemen.

Namun, Trengono mengatakan pihaknya masih mendalami teknologinya. Karena perangkat Starlink terlalu mahal, ujarnya. Jadi dia meneliti teknologi apa yang lebih efektif untuk nelayan skala kecil dibandingkan bantuan pemerintah.

Oleh karena itu, pemerintah bertujuan membantu nelayan kecil agar tidak menindas mereka. Karena harga peralatannya mahal, maka lebih murah untuk diberikan dan digunakan. Tapi kami mengambil kesimpulan. Teknologinya lebih efektif. , ” jelasnya.

Namun, Trenggono mengatakan teknologi yang digunakan mungkin bukan merek Starlink melainkan merek lain yang menawarkan layanan serupa. Ia mengaku sedang mencari merek teknologi alternatif yang lebih murah dari Starlink.

“Belum (ada anggaran 2025), tapi bisa dicoba. Tapi teknologinya tidak harus Starlink, mungkin kita butuh teknologi yang lebih murah dengan konsep yang sama dengan Starlink. Starlink pada dasarnya adalah merek Leo.” Trengono berkata sambil bercanda.

Simak videonya di bawah ini: Video: Bos Telkom: Komunikasi berbasis kabel masih dibutuhkan (wia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *