Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

China Diam-diam Lirik Jakarta

Jakarta, CNBC Indonesia – Kawasan industri di sekitar Jakarta sepertinya memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya Kawasan Kabal Nusantara (KBN) di kawasan Kakung lebih didominasi industri padat karya, kemudian lambat laun kawasan lain mulai berkembang sesuai dengan karakteristik dan keunggulan kawasan tersebut, seperti Kawasan Industri Qilungxi.

“Cileungsi semakin terkoneksi dengan Tol JORR 2 Cijago yang menghubungkan ke Cibitung. Kalau akses tolnya bagus, potensial. Makanya banyak yang membuka usaha penyimpanan atau cold storage di Kawasan Industri Cileungsi,” kata Direktur Jasa Industri dan Logistik Rivan Munansa Colliers Indonesia untuk CNBC Indonesia, Selasa (4/6/2024).

Kawasan lain seperti Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) juga memiliki keunggulan lokasi sehingga banyak pengusaha yang memanfaatkan kawasan tersebut sebagai lokasi sentral rantai pasok atau gudang.

Namun ada faktor negatif lain yang berdampak, yaitu tingginya upah minimum perkotaan (UMK) DKI Jakarta yang mencapai Rp5.067.381 per bulan. Tak heran jika terjadi arus keluar yang besar dari daerah ini ke daerah lain.

“Ada beberapa yang mulai bergerak, namun sebagian besar masih ditangguhkan, rantai pasok di sini lebih mudah,” kata Rivan.

Kawasan industri di Jakarta juga dapat menjadi daya tarik investor asing untuk masuk ke kawasan tersebut. Rivan mengaku mendapat informasi banyak pabrikan China yang mulai mencari lahan di Indonesia karena perang dagang dengan Amerika Serikat. Belakangan ini, AS juga menerapkan tarif tinggi terhadap barang-barang asal Tiongkok.

“Saat ini trennya banyak perusahaan Tiongkok yang khawatir dengan perang tarif AS-Tiongkok, sehingga banyak perusahaan baru yang mulai melakukan ekspansi dari Tiongkok dan melirik ke wilayah lain, termasuk melihat prospek di Indonesia,” kata Rivan. Simak Video Di Bawah Ini: Bos IKN Sekaligus Mundur, Benarkah Investor Ragu Nasib IKN? (fs/saya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *