Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Cuma Timnas RI Sukses Jebol Gawang Korsel di Piala Asia U-23

Jakarta, CNBC Indonesia – Kemenangan Timnas U-23 Indonesia melawan Korea Selatan pada laga perempatfinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4 ) membuka banyak hal baru. catatan.

Selain menorehkan sejarah dengan sukses mencapai babak semifinal, tim asuhan Shin Tae Yong atau STY ini juga mencatatkan rekor sebagai timnas pertama yang sukses mendobrak pintu Korea Selatan di kompetisi tersebut, sekaligus dengan mudah melibas Australia.

Sejarah baru ini ditandai oleh Indonesia melalui adu penalti melawan Korea Selatan. Laga di waktu normal seharusnya berakhir 2-2 dan harus ditentukan melalui adu penalti karena tidak ada gol di perpanjangan waktu yang diberikan wasit.

Hasil tersebut antara lain berkat gol bunuh diri Komang Teguh pada menit ke-45+1, namun Indonesia kembali unggul sebelum jeda melalui Struick. Di babak kedua, Korea Selatan menyamakan kedudukan melalui Lee Young-jun pada menit ke-69.

Pada babak adu penalti, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dan mengakhiri laga dengan skor akhir 11-10 melawan Korea Selatan. Rizky Ridho dan kawan-kawan akhirnya mengakhiri pertandingan secara dramatis melalui adu penalti dan melaju ke babak semifinal .

Berikut beberapa rekor yang diukir Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024:

1. Indonesia menjadi satu-satunya tim yang mampu mengalahkan dan mencetak gol ke gawang Korea Selatan

Rekor impresif lainnya yang diraih Timnas U-23 Indonesia saat mengalahkan Korea Selatan adalah mencetak gol.

Pasukan Shin Tae Yong menjadi satu-satunya tim di Piala Asia yang berhasil mendobrak pintu tim Jensen. Jepang, Uni Emirat Arab, dan China juga gagal membobol gawang Jong Boem Baek.

Korea Selatan juga mencapai perempat final dengan memenangkan ketiga pertandingan penyisihan Grup B. Namun rekor positif Korea Selatan ditantang oleh timnas U-23 Indonesia.

2. Kutukan terhadap Korea Selatan berakhir

Timnas U-23 Indonesia selalu kalah dari Korea Selatan (Korsel) dalam tujuh pertemuan terakhirnya sebelumnya. Kekalahan terbesar terjadi pada kualifikasi Olimpiade 2000 di Seoul, dimana Indonesia dikalahkan 0-7.

Pada laga terakhir tepatnya pada laga persahabatan tahun 2018, Timnas Indonesia berhasil memperkecil kekalahannya dan bersaing sengit dengan skor 2-1 hingga peluit akhir secara agregat, Timnas U-23 Indonesia selalu kalah melawan Selatan. Timnas Korea U-23 Indonesia pun kalah dan kebobolan 24 gol.

Namun, kisah pahit itu berakhir di Piala Asia U-23 2024, secara mengejutkan mengalahkan Korea Selatan melalui adu penalti. Kemenangan ini merupakan yang pertama dari delapan pertemuan kedua tim.

3. Maju ke semi final

Indonesia kembali mencatatkan rekor luar biasa dengan melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan di perempat final. Catatan manis itu tertulis pada penampilan perdananya di Piala Asia U-23.

Laga Indonesia Selanjutnya Laga Timnas U23 Indonesia selanjutnya adalah melawan pemenang semifinal Arab Saudi-Uzbekistan pada 29 April 2024.

4. Maju ke perempat final

Indonesia menorehkan sejarah dengan melaju ke perempatfinal Piala Asia U-23 2024 sebagai runner-up Grup A. Indonesia mengoleksi enam poin dari dua kemenangan dan satu kekalahan. Jumlah gol yang dicetak Indonesia sebanyak lima gol. Satu gol dicetak melawan Australia dan empat gol melawan Yordania.

Indonesia kebobolan 3 gol hingga babak penyisihan grup, yakni 2 gol dari timnas Qatar dan 1 gol Yordania.

5. Tujuan pertama

Indonesia juga mencetak gol pertamanya di Piala U-Asia 2023 melalui Komang Teguh Trisnanda Putra melawan Australia.

Hingga babak perempat final, jumlah gol yang dicetak Indonesia sebanyak tujuh gol. Satu gol dicetak ke gawang Australia, empat gol ke gawang Jordan di babak penyisihan, dan dua gol di perempat final.

Namun ada dua pemain Indonesia yang mencetak gol bunuh diri, yakni Komang Teguh dan Justin Hubner.

6. Kutukan terhadap Australia berakhir

Bukan hanya kemenangan pertama mereka di babak terakhir, Indonesia juga mampu menghapus rekor buruk mereka melawan Australia. Pada laga-laga sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 selalu mengalami kekalahan.

7. Kemenangan pertama Piala Asia

Cerita kedua adalah kemenangan pertama di babak penyisihan grup A melawan Australia.

Rekor tersebut dicatatkan Indonesia pada laga kedua babak penyisihan grup A, Indonesia kalah pada laga pertama melawan tuan rumah Qatar dengan skor 0–2.

8. Debut pertama

Keikutsertaan Indonesia di Piala U-Asia 2023-2024 merupakan yang pertama sejak turnamen tersebut digulirkan pada 2012. Sebelumnya, Indonesia selalu kalah di babak kualifikasi.

Indonesia lolos ke final Piala Asia U-23 20224 dengan menjuarai Grup K pada babak kualifikasi yang diikuti Turkmenistan dan Taiwan. Simak video di bawah ini: Presiden PSSI Erick Thohir ucapkan selamat kepada timnas U-23 yang berhasil mengukir sejarah (arj/mij)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *