Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Daftar Orang ‘Sakti’ di Dunia, Bisa Keluar Negeri Tanpa Paspor

Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap kali Anda bepergian ke luar negeri, Anda memerlukan dokumen paspor. Masih ada orang di dunia ini yang bisa bepergian dengan bebas tanpa paspor.

Setidaknya ada tiga orang di dunia yang bisa bebas bepergian ke luar negeri tanpa paspor. Ketiga orang ini bukanlah orang biasa.

Mereka adalah anggota keluarga kerajaan yang kini memegang jabatan penting. Dengan keistimewaan tersebut, mereka tidak perlu lagi membawa paspor saat bepergian ke luar negeri.

Mereka adalah Raja Charles III dari Inggris, Kaisar Naruhito dari Jepang dan istrinya Permaisuri Masako. Aturan ini juga berlaku bagi Raja atau Ratu Inggris, pendahulu Raja Charles III. Seperti Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, pendahulu kaisar dan permaisuri Jepang tidak memerlukan paspor untuk bepergian ke luar negeri.

Menurut News18, Raja/Ratu Kerajaan Inggris tidak memiliki paspor, hanya dokumen yang diterbitkan atas namanya.

“Menteri Kerajaan Inggris, atas nama Yang Mulia Ratu, meminta semua pihak untuk mengizinkan pemegang dokumen ini melewati wilayahnya dengan bebas tanpa hambatan atau hambatan, dan memberinya bantuan dan perlindungan jika diperlukan, ” kata dokumen itu.

Dalam kasus Jepang, dokumen kementerian tertanggal 10 Mei 1971 menyatakan bahwa sangat tidak pantas mengeluarkan paspor kepada Kaisar atau Permaisuri. Dokumen tersebut menambahkan bahwa tidak pantas bagi seorang kaisar untuk menggunakan paspornya untuk menangani prosedur imigrasi atau visa ketika ia masih menjadi warga negara.

Sementara Ratu Camilla, istri raja Inggris, dikabarkan tidak memiliki hak yang sama dan tetap diwajibkan memiliki paspor diplomatik. Dalam kasus Jepang, paspor diplomatik dikeluarkan untuk anggota keluarga kerajaan lainnya, termasuk putra mahkota dan putri.

Dalam kasus Jepang, hanya dokumen kabinet yang dirahasiakan oleh kaisar dan permaisuri. Mirip dengan Inggris, Kementerian Luar Negeri Jepang memberi tahu negara tujuan sebelum Kaisar dan Permaisuri tiba.

Dalam kasus Raja Charles III, sekretaris pribadinya, Sir Clive Alderton, dipercayakan tanggung jawab ini. Sir Clive Alderton dilaporkan menjadi salah satu penasihat Raja dan Ratu Camilla yang paling dipercaya dan dicintai sejak tahun 2006, setahun setelah pernikahan mereka pada tahun 2005. : Kate Middleton didiagnosis menderita kanker, para pemimpin dunia bereaksi di bawah ini (miq/miq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *