Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Detik-Detik Jelang Pabrik Tembaga Raksasa RI Beroperasi Besok

Jakarta, CNBC Indonesia – Fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga terbesar di dunia akan diresmikan pada Kamis (26/6/2024). Pabrik milik PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menerima pengiriman tembaga perdananya dari Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Konsentrat tembaga diangkut Kapal (MV) Unitama Lily dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah menuju Pelabuhan Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, pada Jumat. (22/6/2024).

Vice President Corporate Communication PTFI Katri Krisnati mengungkapkan, kapal tersebut membawa 22.000 ton tembaga. Dari jumlah tersebut, 10.000 ton diolah di smelter pertama PTFI, PT Melting, dan 12 ton merupakan produksi utama mesin baru yang mulai beroperasi pada bulan ini.

Proses selanjutnya adalah konsentrat dipindahkan ke Gudang Konsentrat, yang selanjutnya diproses di Flash Smelting Furnace (FSF).

“Secara umum ada tiga proses yang harus dilalui konsentrat sebelum menjadi lembaran katoda tembaga, yaitu proses konsentrasi, peleburan dalam tungku, dan proses electrofinishing,” tulis Katri dalam keterangannya, Senin. (24/6/2024).

Sebelumnya, PTFI mengumumkan proyek smelter Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur akan dibuka pekan depan.

Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Venas mengatakan, pihaknya akan mencoba menindaklanjuti rencana peleburan tembaga tersebut pada pekan depan.

“Kita coba resmikan minggu depan, semua sudah berjalan baik mulai dari transport, conveyor, dewatering warehouse, oxy plant. Beberapa hari ke depan sudah siap peralatannya untuk bekerja,” kata Tony di MIDIalogue CNBC Indonesia, seperti dilansir Antara. . Sabtu (22/6/2024) .

Tony memastikan pembangunan smelter tembaga tersebut sesuai dengan rencana yang dikembangkan perseroan dan disetujui pemerintah.

Pabrik tembaga ini disebut-sebut merupakan proyek peleburan PTFI yang kedua. Smelter tersebut dibangun pada Oktober 2021 dengan kapasitas smelter tembaga yang melebur 1,7 juta ton per tahun dan menghasilkan 600.000 katoda tembaga per tahun.

Tukang las ini dikatakan sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Sebagai informasi, pengelasan konstruksi ini terkait dengan Izin Penggalian Khusus (IUPK) PTFI.

Pabrik peleburan ini memiliki unit pembersih baja khusus, unit oksigen, unit asam sulfat, dan unit desalinasi, serta pabrik pengolahan air limbah dan efisien untuk memastikan penggunaan bahan, produk, dan limbah terbaik untuk efisiensi maksimum. proses peleburan dan pemurnian.

Saat ini, 60% produksi konsentrat PTFI diekspor, sedangkan 40% sisanya diolah melalui smelter PT di Grisik, Jawa Timur, untuk diubah menjadi katoda tembaga. Namun tanah liat anoda yang mengandung emas dan perak masih diekspor. Nantinya, saat smelter kedua ini sudah beroperasi, pembersihan lumpur anoda 100% akan dilakukan sendiri.

PTFI telah melakukan investasi sebesar USD 3,1 miliar atau setara Rp 48 triliun hingga akhir Desember 2023. Ini merupakan second solver PTFI.  Tonton video di bawah ini: Video: Demonstrasi kenaikan pajak, 13 warga Kenya dibunuh polisi (pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *