Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Di Mana Lokasi Pemakaman Jemaah Haji RI yang yang Wafat di Arab Saudi?

JAKARTA, CNBC Indonesia – Cuaca panas dan ekstrem diyakini menjadi penyebab banyak meninggalnya jemaah haji. Lebih dari 1.100 jamaah diketahui meninggal pada musim haji tahun ini. Berdasarkan perhitungan AFP hingga Jumat (21/6/2024), jumlah korban tewas mencapai 1.119 orang, lebih dari separuhnya berasal dari Mesir.

Seorang pejabat senior Saudi mengatakan pemerintah Arab Saudi telah mengkonfirmasi 577 kematian selama dua hari tersibuk haji. Pertama, pada saat Jemaat berkumpul di Padang Arafah untuk menunaikan Wukhuf dan para hakim Jemaat dilempar ke Mina. Para pejabat mengatakan hal itu terjadi di tengah kondisi cuaca ekstrem dan suhu ekstrem.

Tahun ini 1,8 juta jamaah dari berbagai negara termasuk Indonesia telah menunaikan ibadah haji. Setiap tahunnya, puluhan ribu jamaah haji berusaha untuk menunaikan ibadah haji dengan cara ilegal karena tidak bisa mendapatkan izin resmi yang memerlukan banyak ritual.

Lantas di manakah lokasi pemakaman jamaah haji yang meninggal di Tanah Suci?

Seperti dilansir CNN Indonesia, jemaah haji yang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji tidak boleh dipulangkan ke negaranya. Pemerintah Arab Saudi menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi jenazah selama perjalanan.

Jemaah yang memilih dimakamkan di Tanah Suci dimakamkan di berbagai kuburan, salah satunya di Jannat al-Baqi. Menurut laporan Al Islam, Jannat Al Baqi adalah kuburan kerabat dan sahabat Nabi di Madinah.

Seperti Utsman bin Madhun sahabat Nabi yang wafat pada tanggal 3 Sya’ban tahun ke 3 Hijriah. Ia kemudian dimakamkan di tempat mulia yang dikenal dengan nama Jannat Al Baki.

Selain Utsman bin Madhun, Jannat Al Baki menjadi tempat pemakaman banyak Imam dan Nabi lainnya. Seperti Imam Hasan dan Imam Ali. Al Baki artinya rerimbunan pohon. Karena tempat itu merupakan negeri dengan pagi hari yang panjang dan pepohonan rindang.

Perkembangan Al Baqi sebagai situs pemakaman suci sudah ada sejak masa Nabi. Namun pada masa Wahhabi, makam tersebut dihancurkan dan diabaikan karena kepentingan politik dan sosial.

Arab Saudi kemudian melakukan pembaruan berkala untuk menghormati situs tersebut sebagai kawasan terpenting bagi umat Islam di dunia. Salah satunya adalah tempat peristirahatan terakhir jamaah haji yang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji.

Pemakaman Selain Albaki Selain Albaki, ada lagi pemakaman yang diperuntukkan bagi jamaah haji yang meninggal saat menunaikan ibadah haji dan tempat tersebut adalah Soraya di pinggiran kota Makkah. Kuburan ini mempunyai lahan yang cukup untuk menyimpan jenazah jemaah haji. Pemakaman Arafat masih belum diketahui banyak orang.

Menurut Arab News, Pemakaman Arafat dibuka satu hari dalam setahun untuk pemakaman jenazah orang yang meninggal saat menunaikan ibadah haji. Pemakaman ini terletak di sebelah Rumah Sakit Umum Arafat dan berkapasitas 300 orang.

Kepala Unit Media dan Penerbitan Kota Makkah Osama Zaitoun mengatakan 18 jamaah dimakamkan di sana. Jemaahnya berasal dari berbagai negara seperti India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Thailand, Sudan, Suriah dan Yaman.

Panas ekstrem yang terjadi di Arab Saudi akhir-akhir ini menyebabkan meninggalnya jamaah haji dari berbagai negara. Jenazah almarhum dimakamkan di Arab Saudi. Otoritas Arab Saudi membantu jamaah haji dalam prosedur administrasi hingga pemakaman. Saksikan video di bawah ini: Video: BSI International Expo 2024, Penguatan Ekosistem Industri Halal Indonesia (miq/miq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *