Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab-Latin dan Artinya

Jakarta, CNBC Indonesia – Berziarah ke makam merupakan salah satu tradisi umat Islam Indonesia usai salat Idul Fitri.

Umat ​​Islam mungkin berdoa di kuburan ketika mengunjungi orang mati.

Menurut buku AZ-Z Ziarah Makam Dalam Islam karya Firman Arifandi, secara etimologis kata ziyarat berasal dari bahasa Arab zaara-yazuuru-ziyarotan yang berarti keinginan untuk melihat atau mengunjungi suatu tempat.

Ngomong-ngomong, menurut istilah ziarah kubur, berarti ziarah ke makam sanak saudara, sahabat, sanak saudara atau orang lain, tanpa memandang makam tersebut muslim atau non muslim. Merupakan kebiasaan untuk mengunjungi kuburan untuk mendoakan orang yang meninggal

Badruddin Hasim Subqi menjelaskan hukum ziarah kubur dalam bukunya “Rahasia Dua Tangan Dalam Sholat, Dzikir dan Sholat”. Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

كُنتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زيSTER َزُرْهَا فَإِنَّهَا تُذكر الاخرة

Artinya: “Aku melarang kamu ziarah kubur, tetapi sekarang silakan ziarah kubur.” Dalam kisah lain: “Barangsiapa ingin berziarah ke kubur, hendaknya ia melakukannya, karena ziarah ke kubur dapat mengingatkanmu akan akhirat.” (HR Muslim)

Kitab yang sama juga menjelaskan bahwa ada dua jenis ziarah kubur, yaitu ziarah ke As-Syria dan ziarah sesat.

Haji Asyur adalah ziarah ke kubur yang tidak mempunyai tujuan sama dengan menghormati orang yang meninggal dengan cara mendoakannya. Sedangkan ziarah sesat adalah ziarah yang biasa dilakukan oleh orang Yahudi.

Kata ini mengacu pada firman Allah dalam surat Tawba ayat 84.

Hari َلِّ عَلٰى اَحَدٍ ′riesْ ½ @ اَبَدًا ′rassing تَقُî تَقُ.00

Artinya: “Wahai Nabi, tidakkah kamu mendoakan selama-lamanya seseorang di antara mereka (orang-orang munafik) yang meninggal dunia dan berdiri di kuburnya karena kafir kepada Allah dan Rasul-Nya serta mati dalam kezaliman.”

Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

Tuhan memberkati

Artinya: “…laknat Allah menimpa kaum Yahudi dan Nasrani karena mereka membangun masjid di atas kuburan nabi-nabi mereka.” Dia mengingatkan (Muslim) amalan (Yahudi dan Nasrani).

Dalam kitab yang sama, Imam Syafi’i juga melarang umat Islam berziarah ke kuburan yang terdapat unsur musyrik karena takut menimbulkan musibah (fitnah) di dalam kubur, bukan karena najis.

Abdurrahman Misno dalam bukunya “Mari Ziyara Kubur” menjelaskan hukum asli ziarah kubur yang telah mengalami perubahan. Pada mulanya ziarah ke makam dianggap makruh atau haram jika melanggar syariat Islam.

Namun saat ini hukum ziarah kubur adalah Sunnah, asalkan sesuai dengan syariat Islam dan tidak mengandung syirik atau musyrik. Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan:

Insya’Allah

Artinya: “Janganlah kamu menunggangi unta (jangan melakukan perjalanan jauh) kecuali di tiga masjid: Masjid al-Haram, Masjid al-Aqsa dan masjid saya (Masjid al-Nabawi). (HR Bukhari)

Dalam buku Asmaji Mukhtar “Diskusi Antar Mazhab: Fiqh Kultus dan Muamalah” disebutkan bahwa berdasarkan pendapat yang lebih akurat, dianjurkan ziarah kubur untuk salat, mengambil pelajaran dan membacakan Al-Qur’an bagi orang yang sudah meninggal karena bermanfaat bagi orang yang sudah meninggal. .

Berikut bacaan lengkapnya : Doa Berziarah Kuburan Lengkap

Dirangkum detikHikmat, berikut bacaan doa ziarah kubur selengkapnya.

1. Baca sambutannya

Insya Allah, Tuhan memberkati Anda.

Arab-Latin: Assalamu alaykum dara qumin muminin wa slain ma tuadun gadan muajjalun, va inna insya-Allahu bikum lahikun

Artinya: “Assalamu’alaikum wahai orang-orang yang beriman, telah datang kepadamu janji Allah yang ditunda sampai besok, dan kami akan mengikutimu, Insya Allah.”

2. Baca Istighfar

Berkah Allah

Arab-Latin : Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La iloha Illa Huwal Hayyul Qayyum Wa atubu Ilaihi

Artinya : “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, yang tidak mempunyai Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Maha Besar, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

3. Baca Surat Fatihah

4. Membaca surat Al Ikhlos, Al Falak dan An Nas

5. Membaca kalimat analitis

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ

Arab-Latin: Lailaha illallah

Artinya: “Tidak ada Tuhan.”

6. Membaca doa ziarah kubur

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعاف di atas alْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَ الْ بَرَدِ , وَالْبَرَدِ, وَنَقَ وَالْخَطَا كَمَا يُنَقَّى

الدَّنَسِ , وَأَبْدِلْهُ دارًا Sebelumnya هُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ ع َذ َابِ ال ْنَّار, وَاحْ naik

Arab-Latin: Gophine: Gophuahfahuahuabìda altsalj wagsalja wawassalj wathsaljì WATSSALSY, WATSALDABUBADOUSANDAN A WAGAADZZATSAUSA Yodhu Mukoben Dancy.

Wabdìlhu daaran khaìran min daarihì dan zaujan khaìran min zaujihì. I adhilkhul jannata wa aiju min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrìhì wa nawvir lahu fìhì.

Artinya: “Ya Allah, berilah dia ampunan dan rahmat. Beri dia keselamatan dan lebarkan pintunya. Mandikan dia dengan air, es dan embun. Seperti halnya kamu membersihkan kotoran dari pakaian putih.”

“Berikanlah dia rumah yang lebih baik dari rumahnya dan istri yang lebih baik dari istrinya, masukkan dia ke dalam surga dan lindungi dia dari siksa kubur dan siksa neraka. terangi dia dalam hal ini.” (H.R. Muslim) Doa singkat ziarah kubur

Dalam buku “Doa Cerdas untuk Anak”, Abu Azza menjelaskan tentang doa dan adab ziarah kubur, yaitu doa ziarah kubur:

Insya Allah ين وَنا إن شاء الله بكم الصحيقون تَسْأَلُ الله لَنَا وَلَكُمُ الْ عَا فية

Arab-Latin: Assalamualaikum akhlad diyar minal muminiina wal muslimiin, wa innea in syaa allahu bikum laahikun, nasaallullah lana walakumulafia

Artinya: “Assalamualaikum atas kubur orang-orang mukmin dan kaum muslimin, dan sesungguhnya insya Allah kami akan mengikutimu. Kami memohon kedamaian dari Tuhan untuk Anda dan Anda semua.” (Ibnu Maya).

Tonton video di bawah ini: CEO Asuransi Syariah Ungkap Prospek Keuntungan Perlindungan Kendaraan Listrik (luc/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *