Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Dolar AS Sudah Tembus Rp 16.255/US$, Rupiah Keok 4 Hari Beruntun

Jakarta, CNBC Indonesia – Rupiah kembali melemah pada perdagangan Selasa (30/4/2024) akibat berlanjutnya penguatan dolar AS hari ini jelang keputusan suku bunga terbaru bank sentral AS (Federal Reserve/The New York Times). diberi makan).

Rupiah ditutup melemah 0,03% pada Rp/US$16.255, Refinitiv melaporkan pada pukul 15:05 WIB. Namun rupiah melemah selama empat hari berturut-turut.

Meski dolar AS terdepresiasi, rupiah juga melemah. Terpantau indeks dolar AS (DXY) kembali menguat 0,25% di level 105,85 pada pukul 15:05 WIB.

Nilai tukar rupiah kembali melemah karena sentimen investor menunggu keputusan suku bunga acuan terbaru The Fed yang akan diumumkan oleh bank sentral pada Rabu dini hari waktu Indonesia.

The Fed berpeluang untuk kembali mempertahankan suku bunga acuannya kali ini, sehingga kemungkinan besar suku bunga acuan The Fed akan tetap sangat tinggi. Pasalnya, data perekonomian AS masih sangat solid sehingga kemungkinan penurunan suku bunga masih sangat sulit terwujud.

Salah satunya adalah inflasi AS yang masih cukup stagnan bahkan berpotensi meningkat. Angka inflasi Amerika pada periode Maret lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yaitu sebesar 3,5% (annual/tahunan) atau 3,2% secara tahunan.

Jika The Fed mempertahankan suku bunganya, DXY akan tetap tinggi dan tekanan terhadap rupiah juga akan tetap sangat tinggi.

Pelemahan rupiah juga terjadi di tengah lemahnya data aktivitas manufaktur Tiongkok. Menurut Biro Statistik Nasional (NBS) Tiongkok, data yang tertera pada Purchasing Manager’s Index (PMI) periode April 2024 turun menjadi 50,4 dari 50,8 pada Maret tahun lalu.

PMI menggunakan angka 50 sebagai titik awal. Di atas 50 berarti bisnis sedang dalam tahap ekspansi. Kalau turun berarti kontraksi.

Data Slope menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur Tiongkok terus tumbuh dengan baik dan kemungkinan besar akan tetap besar meskipun terdapat tantangan.

RISET CNBC INDONESIA Simak video di bawah ini: Video: Rupiah Anjlok, Capai Rp 16 Ribu per Dolar AS (chd/chd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *