Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Research

Dolar Rp 16.100, Pemda Siapkan Strategi Lawan Imported Inflation

Jakarta, CNBC Indonesia – Melemahnya nilai tukar rupiah hingga Rp 16.100 terhadap dolar AS menjadi “peringatan” bagi pemerintah daerah untuk menjaga ketahanan pangan di setiap daerah. Penguatan nilai tukar dolar diketahui juga menaikkan harga barang-barang, termasuk barang impor (inflasi).

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setiono, pada Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (17/5/2024).

“Kita lihat saat ini nilai tukar rupee berada di kisaran 16.100 rubel. Hal ini sudah hampir sebulan terjadi. Penting bagi kita masing-masing untuk menjaga ketahanan pangan dalam kondisi perekonomian masing-masing daerah,” ujarnya. Joko.

Hal ini harus dilakukan oleh pemerintah daerah agar inflasi terkendali dan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, Mitra Praya Utama (MPU) yaitu 10 pemerintah daerah. Bali, Jakarta, Lampung dan Papua sedang mencoba merumuskan kebijakan untuk mengatasi masalah kerawanan pangan.

“Melalui pertemuan bisnis ini, kami berharap tim TPID dari 10 provinsi anggota MPU dapat merumuskan kebijakan untuk mengatasi permasalahan ketahanan pangan, mengingat anggota tersebut akan membantu memenuhi kebutuhan pangannya,” kata Joko.

Oleh karena itu, Joko berharap 10 anggota Mitra Praya Utama (MPU) dapat berbagi informasi dan ilmu untuk menjaga kondisi keamanan pangan. Anggota MPU seringkali dihadapkan pada pengumpulan dan pengelolaan data publik.

Oleh karena itu, dukungan dan bimbingan dari Badan Umum Kependudukan dan Pencatatan sangat diperlukan agar data kependudukan menjadi lebih akurat. Dengan begitu, kebutuhan dana APBD hingga penyediaan dan dana bansos bisa lebih tepat sasaran.

Terkait hal tersebut, ia juga mendesak pemerintah daerah untuk menjaga stok pangan setidaknya hingga 4 bulan ke depan. Tonton video di bawah ini: Video: Hemat Stok dan Harga Pangan di Jakarta, Pasar Yaya Punya Strategi Ini (haa/haa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *