Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Dolar Rp16.300, BI Luncurkan Jurus ‘Triple Intervention’

Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia (BI) melakukan intervensi saat rupiah melemah. Kini dolar Amerika Serikat (AS) sudah menyentuh level Rp 16.300.

“BI tetap berada di pasar melalui triple intervensi,” kata Kepala Departemen Pengelolaan Mata Uang BI Eddy Suzanto kepada CNBC Indonesia, Selasa (6/11/2024).

Triple intervensi tersebut meliputi intervensi di pasar spot dan DNDF, serta pembelian SBN di pasar sekunder.

Pada pembukaan pasar Selasa (6/11/2024) pukul 09.23 WIB, rupiah melemah 0,15% ke Rp16.300/AS. Depresiasi tersebut menyusul koreksi kemarin yang merupakan koreksi rupee dua hari berturut-turut.

Melemahnya nilai tukar rupee disebabkan oleh kondisi eksternal, khususnya Amerika Serikat (AS). Data pasar tenaga kerja keluar lebih kuat dari perkiraan. Amerika Serikat

Jumlah tersebut lebih tinggi dari perkiraan konsensus mengenai peningkatan 175.000 pekerjaan menjadi 185.000 pada bulan April. Sementara itu, tingkat pengangguran sedikit meningkat menjadi 4%. Situasi tersebut menyebabkan AS melakukan hal tersebut

Eddy menambahkan, melemahnya nilai tukar juga berdampak pada mata uang banyak negara lain. Situasi ini disebut sementara. Rupee diperkirakan akan kembali menguat. “Saya melihat rupee akan terkendali di bawah 16.300,” jelas Eddy. Tonton video di bawah ini: Video: Dolar Menggila, Benarkah E-Business Juga Menderita? (mi / mi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *