Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Duh! Suhu Panas Membara Tewaskan 30 Orang di Thailand

Jakarta, CNBC Indonesia – Thailand kembali mengeluarkan peringatan cuaca panas pada Kamis (25/4). Menurut pihak berwenang setempat, setidaknya 30 orang tewas akibat serangan panas tahun ini.

Mengutip laporan Channel News Asia, suhu ekstrem diperkirakan akan meningkat di atas 52 derajat Celcius. Suhu di Bangkok, ibu kota Thailand, mencapai 40,1 derajat pada Rabu (24/4) dan diperkirakan sama pada Kamis (25/4).

Cuaca sangat panas melanda sebagian Asia Selatan dan Asia Tenggara pada minggu ini. Suhu ekstrem menyebabkan sekolah-sekolah di Filipina membatalkan kelas. Saat ini, ribuan orang di Bangladesh berdoa bersama memohon hujan.

Indeks panas, yang mengukur suhu dengan memperhitungkan kelembapan, kecepatan angin dan faktor lainnya, berada pada tingkat berbahaya di Bangkok, kementerian lingkungan hidup memperingatkan.

Pihak berwenang di provinsi Udon Thani memperingatkan suhu yang sangat panas pada Kamis (25 April).

Menurut Menkes, 30 orang meninggal dunia akibat kepanasan pada periode 1 Januari hingga 17 April. Sebagai perbandingan, pada tahun 2023, 37 orang meninggal akibat cuaca panas ekstrem.

Direk Khampaen, wakil direktur jenderal departemen pengendalian penyakit Thailand, mengatakan kepada AFP bahwa para pejabat mendesak para lansia dan mereka yang menderita penyakit, termasuk obesitas, untuk tetap berada di dalam rumah dan minum air secara teratur.

April biasanya merupakan waktu terpanas dalam setahun di Thailand dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, namun pola cuaca El Nino memperburuk kondisi tahun ini.

Tahun lalu, tekanan panas mencapai rekor tertinggi di seluruh dunia, dan Badan Cuaca dan Iklim PBB melaporkan bahwa Asia mengalami pemanasan lebih cepat.

Simak video berikut ini: Video: Melihat Bauran Industri Kecantikan yang Berkembang di RI (hsy/hsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *