Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Elon Musk Dapat Uang Rp 96,5 T Buat Bunuh Google

Jakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk mengumumkan putaran pendanaan baru sebesar US $6 miliar atau setara Rp 96,5 triliun untuk xAI, perusahaan kecerdasan buatan yang didirikan untuk bersaing dengan OpenAI dan Google Gemini, dkk.

Musk mengatakan pendanaan tersebut akan mendorong xAI menjadi produk AI terkemuka di pasar, membangun infrastruktur canggih, dan meningkatkan penelitian dan pengembangan untuk teknologi masa depan.

Saat ini xAI telah meluncurkan Grok yang berfungsi seperti ChatGPT. Grok tersedia di X, tetapi hanya pengguna Premium yang dapat menggunakannya.

XAI mengatakan pendanaan barunya berasal dari berbagai sumber. Diantaranya adalah Andreessen Horowitz, Sequoia Capital dan Pangeran Al Waleed bin Talal dari Arab Saudi.

Tahun lalu, pengajuan SEC mengungkapkan bahwa xAI mencari investasi ekuitas hingga $1 miliar. Beberapa bulan lalu, Financial Times melaporkan bahwa xAI mencari pendanaan sebesar $6 miliar.

Sementara itu, CEO Elon Musk membantah laporan tersebut.

Untuk referensi Anda, alat pengembangan AI itu mahal. Kartu grafis AI baru Nvidia, Blakcwell B200, disebut-sebut dibanderol dengan harga USD 30.000-40.000 (Rp 482-643 juta) per unit.

Spesifikasi xAI memerlukan setidaknya 100.000 chip Nvidia H100 untuk menjalankan Grok AI. Musk juga mengatakan kepada investor bahwa dia akan membuka pusat data baru pada tahun 2025.

Perkembangan AI bukanlah hal yang sepele. Keripik, bakat, dan teknologi juga mahal. Raksasa teknologi yang berlomba mengembangkan kecerdasan buatan telah menghabiskan miliaran dolar AS.

Antropis, Google, Apple, Amazon, Microsoft, dan Meta adalah beberapa di antaranya.

Google adalah salah satu pendukung paling agresif kekuatan AI melalui lini produk Gemini AI-nya. Pada saat yang sama, OpenAI dan Microsoft terus merilis fungsi-fungsi baru untuk mempertahankan posisi mereka.

Jadi, bisakah Elon Musk mengalahkan ‘raja AI’ ini dengan dana xAI baru? Tunggu saja! Tonton video di bawah ini: Video: Jokowi dan Elon Musk pada peluncuran resmi Starlink di Bali (fab/fab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *