Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Elon Musk Digugat Investor Tesla, Dituduh Pakai Info Ordal

Jakarta, CNBC Indonesia – Investor Tesla menuduh CEO Elon Musk menggunakan informasi orang dalam (komando) di perusahaannya untuk menjual saham Tesla demi mendapatkan keuntungan. Bahkan saat itu perseroan melaporkan kerugian akibat menurunnya penjualan unit kendaraan listrik.

Menurut gugatan Delaware, investornya adalah Michael Perry. Dia mengatakan Musk mengetahui harga saham Tesla akan meleset dari ekspektasi untuk kuartal keempat tahun 2022 karena pengiriman kendaraan jauh dari ekspektasi.

Musk kemudian memutuskan untuk menjual saham Tesla seharga $7,5 miliar pada November dan Desember 2022 sebelum laporan keuangan 2 Januari 2023.

Perry mengklaim Musk mendapat untung sekitar $3 miliar (Rs48 triliun) dari data penjualan Tesla yang didapatnya dari pesanan tersebut.

“Kasturi memanfaatkan posisinya di Tesla, dan dia melanggar kewajiban fidusianya kepada Tesla,” bunyi gugatan Perry, seperti dikutip Sabtu (6/1/2024).

Gugatan tersebut mengharuskan Musk mengembalikan keuntungan yang diperolehnya dari transaksi tersebut.

Gugatan tersebut juga menuduh direktur Tesla melanggar kewajiban fidusia mereka dengan mengizinkan Musk menjual sahamnya.

Musk dan Tesla tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Dalam gugatannya, Perry mengatakan bahwa Musk, yang memiliki permintaan mobil Tesla yang baik pada tahun 2022, mengetahui jumlah yang lebih rendah dari perkiraan pada pertengahan November. Miliarder tersebut memanfaatkan aksesnya terhadap data real-time dan menjual sahamnya sebelum data tersedia.

Saham Tesla jatuh setelah berita penurunan harga mobil memicu kekhawatiran permintaan dan rilis angka bulan Januari.

“Jika (Musk) menunggu untuk menyelesaikan penjualan ini hingga berita penurunan penjualan (Tesla) diumumkan, penjualan saham tersebut akan menghasilkan kurang dari 55% penjualan aktual pada November dan Desember 2022,” bunyi gugatan tersebut. Tonton video di bawah ini: Video: Jokowi dan Elon Musk resmi meluncurkan Starlink di Bali (hsy/hsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *