Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Elon Musk Mau Datang ke RI, Bakal Resmikan Starlink di Bali

Jakarta, CNBC Indonesia – Elon Musk dijadwalkan tampil di Bali. CEO SpaceX akan meluncurkan kehadiran layanan internet satelit Starlink pada Kongres Air Dunia di Bali.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut mengatakan Starlink akan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, terutama daerah tertinggal, perbatasan, dan terpencil (3T).

Elon Musk juga akan berbicara pada pembukaan Kongres Air Dunia ke-10 di Bali, kata Luhut seperti dikutip keterangan resmi, Rabu (15/5/2024).

Luhut menjelaskan, kehadiran Starlink dapat mengatasi persoalan tidak meratanya layanan internet di Tanah Air. Menurutnya, agenda peluncuran Starlink sudah dibahas secara detail di kolom WWF.

Ia juga menyoroti kehadiran Elon di WWF sebagai pembicara publik pada sesi pembukaan.

Elon juga diundang sebagai keynote speaker pada pembukaan WWF nanti, lanjut Luhut.

Starlink telah mendapat izin beroperasi di Indonesia untuk menyediakan akses Internet langsung kepada pengguna akhir, tidak hanya sebagai mitra atau seperti diberitakan sebelumnya sebagai mitra atau business-to-business. Faktanya, Starlink sudah mulai digunakan oleh WNI yang tinggal di sekitar Bandung.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut layanan Starlink berhasil lolos Uji Kesesuaian Operasional (ULO).

Namun sejauh ini detail mengenai entitas PT Starlink Indonesia masih sangat terbatas, antara lain identitas pengelola, lokasi kantor, dan lokasi fasilitas layanan pelanggan bagi pelanggan di Indonesia.

Tonton video di bawah ini: Video: Budi Arie berbicara tentang uji coba Starlink di Indonesia (taurus/taurus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *