Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Era Suku Bunga Tinggi Bakal Lama, Bos BSI Siapkan Strategi Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Para bankir meyakini ketidakpastian perekonomian akan terus berlanjut pada kuartal pertama tahun 2024. Faktanya, penurunan suku bunga dana federal diperkirakan baru akan terjadi pada kuartal keempat tahun 2024.

Heri Gunardi, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk atau BSI (BRIS), mengatakan suku bunga The Fed akan tetap tinggi dalam jangka waktu yang relatif lama. Hal ini menimbulkan sejumlah sentimen global.

“Suku bunga The Fed masih antara 5,25 dan 5,5%. Pelaku pasar memperkirakan penurunan tercepat akan terjadi pada kuartal IV-2024, sekitar November dan Desember,” kata Herry dalam pemaparannya pada panggilan hasil kuartalan virtual 1/2024, Selasa (30/4/2024).

Meski demikian, Herry mengapresiasi perekonomian Indonesia yang cukup tangguh. Hal ini terlihat dari nilai tukar rupee terhadap dolar AS yang lebih baik dibandingkan Vietnam dan Thailand. Diketahui, rupee melemah terhadap dolar sebesar 3,01% year to date (YTD). Di sisi lain, inflasi masih terjaga pada level 3,05%.

Meski demikian, Hery Gunardi menilai kenaikan BI rate menjadi 6,25% tidak bisa dihindari. Namun, dia yakin dampak kenaikan suku bunga ini belum tentu berdampak pada suku bunga dana pihak ketiga (DPK).

“Kenaikan suku bunga ini juga menyebabkan kenaikan suku bunga simpanan bank, namun biasanya simpanan terkena dampak langsungnya,” ujarnya.

BSI juga yakin dana murahnya cukup kuat dengan nilai nominal lebih dari Rp 120 triliun. Oleh karena itu, hal ini menjadi modal utama untuk terus mendukung pertumbuhan dari dana murah.

“Di DPK kami ingin meningkatkan dana murah dari tabungan dan giro dengan meningkatkan infrastruktur pembiayaan, dalam hal ini terkait pembayaran mobile banking, QRIS, dan lain-lain, yang merupakan bagian untuk mendukung pertumbuhan DPK,” jelasnya.

Simak video di bawah ini: Video: Teka-Teki Suku Bunga The Fed, Kapan Pemangkasannya? (uh/uh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *