Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Full Call Auction (FCA) Bikin Investor Resah, OJK dan BEI Buka Suara

Jakarta, CNBC Indonesia – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir-akhir ini terbukti fluktuatif, salah satunya karena banyaknya saham yang mengikuti Full Call Auction (FCA) atau badan pengawas khusus Bursa Efek Indonesia ( PADA). Cukup banyak investor juga yang memprotes kebijakan prosedural FCA.

Menyikapi hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI angkat suara. Keduanya menyatakan akan meninjau kebijakan tersebut melalui proses komite pemantau khusus. Kepala Departemen Pengaturan dan Pengembangan Pasar Modal OJK, Antonius Hari Prasetyo Moerdianto, pihaknya serta Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari BEI, Badan Kliring dan Penjaminan Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) , Berinteraksilah selalu dengan mempertimbangkan dinamika ini.

“SRO dan OJK selalu berkoordinasi. Makanya kami cek juga, tapi seperti kata teman-teman SRO, selalu bisa, mereka selalu mendengarkan. Simak, kalau ada masukan akan diperhitungkan,” ujarnya, Kamis di Gedung BEI (06/06/2024).

Antonius mengatakan, pihaknya masih memantau hasil pelaksanaan badan pemantauan khusus tahap ketiga tersebut. Ia kemudian mengatakan, tujuan kebijakan ini adalah untuk kepentingan investor.

“Saat ini sebenarnya ada momentum yang muncul, tapi tujuan kami sebenarnya untuk melindungi investor. Sementara itu, saya kira kita lihat saja sejauh mana perkembangannya,” ujarnya.

Secara terpisah, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas dan mencapai tujuan.

“Semua regulasi, semua pedoman pasti akan ditinjau kembali. Untuk mengukur efektivitasnya, pencapaian tujuan, dll. Tak terkecuali pedoman terkait badan pengawas khusus ini,” ujarnya, Kamis (6/6/2024) di gedung BEI).

Jeffrey juga tidak menutup kemungkinan adanya penyesuaian kebijakan jika diperlukan. Dia tidak menyebutkan kapan peninjauan tersebut akan selesai, namun menyatakan masih terus berjalan.

Saat ditanya kemungkinan pembatalan proses FCA, Jeffrey mengatakan kebijakan tersebut telah melalui kajian panjang. Jadi Anda tidak bisa menghentikannya begitu cepat.

“Jadi mungkin kita tidak terburu-buru dalam mengambil kebijakan. Namun dengan penyesuaian yang saya sebutkan tadi, kami terus mengkaji seluruh peraturan dan pedoman. Nanti kita lihat apa hasil kajiannya,” ujarnya menambahkan. . Simak video di bawah ini: Video: BEI Utak-atik Posisi Emiten di Papan Pencatatan Mei 2024 (fsd/fsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *