Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Gaji UMR, Begini Cara Atur Duit Biar Lolos dari Kemiskinan

JAKARTA, CNBC Indonesia – Penghasilan sebesar Upah Minimum Provinsi (UMP) sering disebut pas-pasan. Tidak keberatan menabung untuk masa depan, terkadang kelangsungan hidup itu sulit.

Jika jumlah pengeluaran lebih besar dari pendapatan, maka orang tersebut menggunakan uangnya untuk bertahan hidup. Dan kalau tabungannya habis, utangnya bisa hilang.

Hutang yang tidak dapat diselesaikan dapat membuat hidup menjadi sulit dan berujung pada kemiskinan.

Bagi yang gajinya setara UMP, berikut cara berhemat yang bisa dilakukan. Terapkan gaya hidup hemat

Hidup hemat bukan hanya berarti memangkas pengeluaran bulanan dan membuat Anda sengsara. Namun hidup hemat memiliki tujuan yang sakral, yaitu cara untuk mencapai tujuan finansial

Mereka yang menerapkan gaya hidup hemat harus memprioritaskan tujuan jangka pendek dan jangka panjang serta mengurangi pengeluaran terkait dalam hidup. Hasilnya, mereka tampil irit.

Meski berhemat, tak ada salahnya kita menabung uang yang kita punya atau membelanjakannya untuk hal-hal yang kita sukai.

Sisihkan maksimal 10% dari gaji Anda untuk membeli atau melakukan hal-hal yang Anda sukai. Untuk menginspirasi Anda untuk bekerja lagi di masa depan. Ada dana darurat

Tuliskan pengeluaran Anda sedetail mungkin agar Anda tahu berapa banyak yang akan Anda keluarkan dalam sebulan. Dan mulailah menabung dana darurat sebesar 10% dari penghasilan bulanan Anda hingga terkumpul enam kali lipat pengeluaran bulanan Anda.

Dana darurat sebesar tiga kali lipat pengeluaran bulanan Anda sudah cukup untuk para lajang. Namun bagi yang sudah menikah, sediakan biaya pengeluaran minimal enam bulan. Tidak berobat dengan menggunakan tabungan

Dengan asuransi kesehatan minimal seperti BPJS Kesehatan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang jika harus menjalani pengobatan rawat jalan atau rawat inap.

Pastikan tempat kerja Anda selalu membayar iuran BPJS kesehatan Anda, jika tidak, Anda tidak akan dapat memanfaatkan fasilitas pengobatan gratis tersebut.

Lalu bagaimana dengan asuransi? Haruskah penerima upah minimum membeli asuransi kesehatan?

Mengingat penghasilan Anda masih tergolong normal, maka asuransi kesehatan tidak wajib seperti BPJS. Investasikan pada diri Anda sendiri

Haruskah Anda berinvestasi secara rutin dengan membeli aset finansial atau aset riil? Jawaban atas pertanyaan ini tentu saja “perlu”. Namun jika Anda masih kesulitan menyisihkan uang untuk hidup, bagaimana cara Anda berinvestasi?

Investasikan pada diri Anda sendiri, belanjakan uang Anda untuk mendapatkan pendidikan sebanyak mungkin sehingga Anda dapat memperoleh keterampilan baru. Karena ilmu ini akan menunjang kinerja Anda dalam dunia bisnis dan pada akhirnya meningkatkan penghasilan Anda.

Dan fokuskan investasi Anda terutama pada instrumen keuangan jangka panjang. Sebut saja dana pensiun.

Anda tidak perlu khawatir untuk menunda keinginan jangka pendek untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan.

Tonton video di bawah ini: Video: Suku Bunga Naik, Akankah Rupee Melemah dan Kepemilikan Rumah Semakin Sulit? (aak/aak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *