Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Gandeng Mitra Global, PIS Perkuat Bisnis Angkutan LPG

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina International Shipping (PIS) telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan B International Shipping and Logistic DMMC (B Shipping), perusahaan pelayaran kelas dunia, untuk pembelian dan/atau penataan kapal bahan bakar gas ( LPG) cair. . Kemitraan dua tahun ini mencakup studi kelayakan pembelian kapal dan pengelolaan sewa untuk BGN, perusahaan induk B Shipping, perusahaan perdagangan LPG dan kargo global.

Piosa Firnandi, CEO PIS, mengatakan kerja sama tersebut sejalan dengan perintah Kementerian BUMN untuk membuka atau meningkatkan nilai aset PIS.

PIS dan BGN sebelumnya bermitra pada Januari 2024 untuk membeli perusahaan gas besar (VLGC) Chigildem dan Bergenia. Melalui kemitraan ini, BGN mendukung PIS sebagai perusahaan pengangkut LPG terbesar di Asia Tenggara.

Kemitraan saat ini sedang berjalan dengan B Shipping untuk menjajaki peluang lebih lanjut dalam transportasi LPG dan menambah nilai bagi PIS. Beberapa pembahasannya mencakup konsep dan model bisnis seperti pengadaan dan pengisian armada, serta manajemen armada.

Okioki menjelaskan kemitraan ini sejalan dengan strategi PIS yang berinvestasi pada kapal baru, sekaligus meningkatkan pendapatan dari aset yang sudah ada. Saat ini terdapat 419 VLGC yang beroperasi di seluruh dunia dengan usia rata-rata 10,08 tahun.

“PIS memiliki tujuh VLGC dengan usia rata-rata 3,42 tahun, yang menjamin efisiensi yang andal dan kepatuhan terhadap peraturan terbaru. PIS juga menggunakan strategi alokasi armada yang cerdas berdasarkan kondisi pasar dan harga, baik dimiliki, disewa, atau harga. melanjutkan proses investasi dana tersebut untuk pertumbuhan yang tepat waktu dan berkelanjutan.”

Kemitraan ini juga menjajaki peluang kerja sama selama transisi energi. Termasuk transportasi LPG dan petrokimia.

Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menunjukkan konsumsi LPG Indonesia mencapai 8,7 juta ton pada tahun 2023, meningkat 1,73 persen dari tahun 2022, atau tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir. Di sisi lain, analisis internal PIS menunjukkan potensi pertumbuhan industri petrokimia Indonesia mencapai CAGR sebesar 1,3x pada tahun 2019 hingga 2030. Okioki berharap kemitraan ini dapat memperkuat posisi PIS di pasar global.

“Penandatanganan perjanjian ini merupakan peluang penting bagi kedua perusahaan untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan,” ujarnya.

Diketahui B Shipping merupakan bagian dari BGN yang berbasis di Dubai dengan lebih dari 24 lokasi di berbagai negara. Dengan layanan maritim, peralatan, rekayasa kapal, dan solusi cerdas, B Shipping mengelola aset maritim BGN dan mitra lainnya untuk mendukung perdagangan BGN di bidang energi global dan aset fisik.

BGN telah beroperasi selama 80 tahun di 23 lokasi termasuk Casablanca, Doha, Dubai, Jenewa, Rotterdam, Jakarta dan Singapura.

CEO “B Shipping” Emin Imanov mengatakan kerja sama strategis dengan PIS merupakan hal yang penting. Selama lima tahun terakhir, B Shipping mendukung PIS dalam perdagangan internasional.

“Sekarang kita adalah mitra dalam industri pelayaran dan saya yakin akan ada lebih banyak lagi mitra di masa depan. Saya yakin satu-satunya hal yang dapat mencapai tujuan kita bersama adalah persahabatan dan kepercayaan, jadi saya yakin akan ada kerja sama yang baik di masa depan,” dia berkata.

Tonton video di bawah ini: Video: Putin bertemu Xi Jinping, tingkatkan kerja sama Tiongkok-Rusia (hura-hura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *