Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Gempa M5,9 Guncang Aceh, Ini Jenis dan Penyebabnya

JAKARTA, CNBC Indonesia – Gempa bumi berkekuatan 5,9 SR melanda wilayah Aceh hari ini, Selasa (28/5/2024) pukul 18.52 WIB. Meski demikian, Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 19.15 WIB, hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Dariono menjelaskan gempa tektonik melanda wilayah Pantai Barat Simeolo, Aceh.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini telah memperbarui parameter M5.9. Pusat gempa terletak di 2,78°LU; 95,57°BT atau tepatnya berada di laut 95 km barat laut Sinabang-Acheh di kedalaman 22 kilometer,” ujarnya dalam keterangan resmi.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dalam yang disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa tersebut memiliki mekanisme sesar tebal,” jelasnya. Dampak gempa

Dariono menjelaskan dampak gempa dirasakan di wilayah Nagin Raya, Aceh Barat, Semelo dengan intensitas IV MMI (jika siang hari dirasakan banyak orang di dalam rumah), wilayah Asia Barat Daya III MMI. Asutland Selatan (Kenaikan Selatan Kenaikan Keparahan. Waybies terwujud; dan tepian tidak terasa, dan bandon, para bander, MMI mereka di area pusing, Dengan skala intensitas (getaran dirasakan banyak orang, benda ringan digantung) .

Hasil pemodelan menunjukkan tidak ada kemungkinan terjadinya tsunami pada gempa kali ini, tegasnya.

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Untuk menghindari bangunan rusak atau hancur akibat gempa bumi. Sebelum kembali ke rumah tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang berbahaya,” tambah Dariono.  Simak video berikut ini: Video: Gempa Magnitudo 5,6 di Sulawesi Utara (dce/dce)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *