Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Gen-Z Bingung Cari Kerja? Coba Profesi Ini, Gajinya Paling Tinggi

Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa waktu lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mempublikasikan fakta yang meresahkan tentang situasi generasi muda Indonesia. BPS melaporkan bahwa pada tahun 2023, akan ada sekitar 9,9 juta remaja (usia 15-24) yang tidak memiliki program.

Dari 9,9 juta penduduk, 5,73 juta adalah perempuan dan 4,17 juta adalah laki-laki.

Kebanyakan dari mereka adalah Gen Z yang seharusnya berada dalam kondisi prima. Gen Z merupakan generasi yang lahir pada tahun 1997-2012. Mereka kini berusia 12-27 tahun. Penduduk usia 15-24 tahun yang berstatus NEET di Indonesia berjumlah 22,25% dari penduduk usia 15-24 tahun di Tanah Air.

Namun jika Anda ingin mencari pekerjaan, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan karena gajinya paling tinggi di Indonesia. Data diperoleh dari Survei Ketenagakerjaan Nasional (Sakernas) periode Februari 2024.

Gaji rata-rata pekerja Indonesia pada Februari 2024 adalah Rp3,04 juta. Tergantung pada pekerjaannya, mereka yang bekerja di sektor keuangan dan asuransi memperoleh gaji yang tinggi.

Pegawai pada sektor Jasa Keuangan dan Asuransi memperoleh gaji tertinggi sebesar Rp5,15 juta, sedangkan pegawai pada sektor Jasa Lainnya memperoleh gaji terendah sebesar Rp1,74 juta.

Data BPS juga menunjukkan upah pekerja laki-laki lebih tinggi dibandingkan upah pekerja perempuan. Namun terdapat enam sektor komersial yang gaji perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki, yaitu jasa keuangan dan asuransi; Pembelian listrik, gas, steam/air panas dan AC; Informasi dan Komunikasi; Perumahan; Layanan dan perusahaan profesional; dan Konstruksi.

Berikut penjelasannya:

Tonton video di bawah ini: Harga Sembako Naik Lebih Dari Gaji PNS-UMR, Ini Resikonya (mij/mij)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *