Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Gen Z Ngamuk di Negara Ini Gegara Presiden Pajaki Warga Sana-sini

Batavia, CNBC Indonesia – Terjadi kerusuhan besar di Kenya. Seorang warga juga meninggal dunia pada Jumat (21/6/2024).

Hal ini terjadi setelah demonstrasi besar-besaran masyarakat menentang kenaikan pajak. Protes Generasi Z (gen z) di Kenya dilaporkan dimulai di kota tersebut dan menyebar ke seluruh negeri.

Menurut AFP, warga mengaku hidup susah dan berjuang melawan bahaya hidup. Namun, kebijakan ekonomi Presiden William Ruto tidak membuahkan hasil.

Salah satu kenaikan pajak yang paling kontroversial adalah kenaikan pajak kendaraan (16%) menjadi 2,5%. Pemerintah dikatakan selalu berargumen bahwa hal itu diperlukan untuk mengurangi utang negara, yang berjumlah sekitar US$80 miliar ($1,3 triliun).

“Aku putus kuliah karena orang tuaku tidak mampu membiayai pendidikanku… sekarang kamu mau mengambil penghasilanku yang sedikit dan tidak mampu membeli pembalut?” kata Aristarius Irolo (26), dikutip BBC.

“Kami lelah,” kata pengunjuk rasa lainnya dari halaman yang sama.

Sebenarnya, itu adalah demonstrasi damai. Namun tindakan aparat, termasuk penembakan gas air mata, meriam air, dan peluru untuk membubarkan massa, berujung pada kerusuhan.

“Kami mulai menerima informasi mengenai kematian pengunjuk rasa kemarin, penyelidikan awal masih berlangsung,” kata badan pengawas polisi independen.

“Agen kami sedang melakukan penyelidikan di tempat,” tambahnya.

Menurut polisi, korban berusia 29 tahun. Ia dirawat di Rumah Sakit Distrik Pusat Nairobi sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

“Dia tidak sadarkan diri karena pinggulnya… dan dia meninggal karena luka-lukanya,” katanya.

Perwakilan Amnesty International Kenya Mathias Kinyoda mengatakan korban adalah seorang pengunjuk rasa yang ditembak di kawasan pusat bisnis ketika mencoba melarikan diri dari polisi. Penembaknya mengenakan pakaian sipil, namun dikawal polisi.

Sementara itu, Presiden Ruto memprotes undang-undang itu populer. Dia meminta para pengunjuk rasa tidak mengganggu pengambilan keputusan pemerintah. Tonton di bawah: Tonton: Bonus atau Beban Demografi Generasi Z & Milenial? (sef/sef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *